Asmar, (2017) Peran Kepemimpinan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nunukan. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43253.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menjelaskan peran kepemimpinan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nunukan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan sumber informan sebanyak 15 ( lima belas ) orang Pegawai Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nunukan yang terdiri dari 1 kepala dinas, 1 sekretaris dinas, 3 kepala bidang, 1 kepala sub bagian keuangan, I kepala sub bagian umum dan kepegawaian, 2 staf bagian umum dan kepegawaian, 1 staf bagian penyusunan program dan kegiatan, dan 5 staf honorer. Data dan informasi dikumpulkan melalui somber informant yang telah dibahas diatas dengan wawancara mendalam. Dengan menggunakan teori Elu dan Purwanto (2012:3.33-3.35) yang mengemukakan 5 dimensi peran kepemimpinan yaitu; the vision role, the vision relationship role, the control role, the encourage role, dan the information role. Berdasarkan 5 dimensi tersebut yang terdapat pada pendapat diatas diketahui hasil bahwa (a) The Vision Role, belum sesuai dengan apa yang diinginkan oerganisasinya, hal ini dikarenakan oleh komunikasi yang tidak searah hingga tidak termotivasinya bawahan secara keseluruhan; (b) The Relationship Role, telah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari tindakan pemimpin yang sudah menjalankan tanggung jawabnya sebagai kepala dinas untuk menjadi perwakilan organisasi, baik ke dalam maupun luar daerah; (c) The Control Role, kepala dinas dalam peran ini, sudah maksimal karena tanggung jawab dan komunikasi pemimpin sudab baik, yang pada akhirnya berdampak pada pengetahuan pegawai mengenai kewajiban dan tanggung jawab sebagai pegawai dalam organisasi; (d) The Encourage Role, belum terlihat baik, hal ini dikarenakan oleh masalab komunikasi yang kurang baik, yang berdampak kurang dihargainya pegawai yang mempunyai kinerja tinggi dalam melakukan tugas, yang akhirnya menimbulkan kecemburuan antara sesama pegawai, karena persamaan perlakuan dengan pegawai berkinerja rendab; (e) The Information Role, belum berjalan baik, dan sekali lagi ini dikarenakan masalah komunikasi yang kurang baik dikarenakan belum dimaksimalkaunya koordinasi dan konsultasi yang berdampak pada pegawai yang merasa terabaikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43253.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepemimpinan, komunikasi, Kepala Dinas, The Role Of Leadership and Communication |
Subjects: | 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan) 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara) 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.63 Government Workers (Pegawai Pemerintah) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 04:38 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7756 |
Actions (login required)
View Item |