Basri, (2017) Kualitas Pelayanan Penyuluh Dalam Rangka Peningkatan Ketahanan Pangan di Kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43070.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dan tantangan dalam pembangunan ketahanan pangan di Kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau secara umum dikarenakan kualitas SDM masih rendah, sarana dan prasarana pendukung pelayanan belum memadai serta jumlah SDM yang memberikan pelayanan belum sebanding dengan jumlah petani yang akan diberikan playanan Oleh karena itu, perlu adanya penelitian untuk membahas tentang kualitas Pelayanan Penyuluh dalam Rangka Peningkatan Ketahanan Pangan di Kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau dan juga mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik tersebut. Dengan diidentifikasinya Kualitas Pelayanan Penyuluh dalam Rangka Peningkatan Ketahanan Pangan di Kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau dapat berbenah diri untuk memberikan pelayanan publik lebih baik lagi dan maksimal. Dalam penelitian ini parameter yang ingin digali adalah Kualitas Pelayanan Penyuluh dalam Rangka Peningkatan Ketahanan Pangan di Kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau dengan menggunakan indikator kinerja pelayanan yaitu Kinerja, bukti fisik, empati, keandalan, kesigapan, jaminan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan Penyuluh Dalam Rangka Peningkatan Ketahanan Pangan di Kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau belum sepenuhnya baik dalam memberikan pelayanan. Hal ini di lihat dari indikator responsivitas yang di mana Penyuluh Pertanian yang menangani 2 kampung dengan jumlah kelompok tani sebanyak 18 kelompok dan kurang lebih 400 anggota. Hal tersebut membuat penyuluh kewalahan dalam melaksanakan tugasnya karena disamping anggota kelompoknya banyak juga lokasinya cukup jauh karena berada dalam 2 kampung. Dari segi ketampakan fisik, reliabilitas, kompetensi serta akses penyuluh sudah bejalan dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada petani. Walaupun demikian; tardapat aspek pelayanan yang masih memerlukan perbaikan dalam hal penyelenggaraan pelayanan publik yakni responsivitas dari penyuluh dalam memberikan pelayanan kepada petani.
Actions (login required)
View Item |