Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Trigonometri Kelas X Mekatronika 2 Dengan Menggunakan Video Pembelajaran

Srihartati, Kun (2017) Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Trigonometri Kelas X Mekatronika 2 Dengan Menggunakan Video Pembelajaran. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43332.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman mengajar pada mata pelajaran Matematika materi Trigonometri di kelas X Mekatronika 2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Batam, basil belajar Trigonometri siswa yang tidak lulus KKM masih cukup besar yaitu 33% dan motivasinya rendah. Hal ini dapat disebabkan strategi yang digunakan guru belum tepat. Materi Trigonometri merupakan materi wajib Kurikulum 2013 dan menurut siswa sangat rumit. Salab satu Kompetensi Dasamya adalah "memahami sifat-sifat dan hubungan antara perbandingan Trigonometri dalam segitiga siku-siku". Materi Trigonometri juga materi dasar, materi prasyarat untuk Trigonometri kelas XI, dan materi yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau quasi experimental untuk membuktikan apakah penggunaan video dalam pembelajaran Trigonometri dapat meningkatkan motivasi dan basil belajar siswa pada semester genap tabun 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Mekatronika 2 pada mata pelajaran Matematika materi Perbandingan Trigonometri dalam Segitiga Siku-Siku. Data diperoleb melalui kuisioner dan hasil tes. Berdasarkan analisis data, diketahui terdapat selisih 9,84 hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan video pembelajaran lebib tinggi dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa video pembelajaran. Sementara, hasil analisa data motivasi menunjukkan terdapat selisih 3,08 antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Motivasi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan video pembelajaran lebib tinggi dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa video pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43332.pdf
Uncontrolled Keywords: Motivation, Learning Outcomes, Trigonometry, Learning Videos,Motivasi, Hasil Belajar, Trigonometri, Video Pembelajaran
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Mar 2019 06:37
Last Modified: 18 Mar 2019 06:37
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8095

Actions (login required)

View Item View Item