Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI B1 SMK Negeri I Palopo

Padang, Rachel (2013) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI B1 SMK Negeri I Palopo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41382.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas XI BI SMK Negeri 1 Palopo yang yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe jigsaw, selain itu untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas XI Bl SMK Negeri 1 Palopo yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi daripada nilai rata-rata siswa yang diajar tanpa menggunakan model tersebut. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah the posttest-only control group design di mana terdapat dua subjek penelitian yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK Negeri I Palopo yang terdaftar pada tahun 201112012 sebanyak 490 siswa ditentukan dengan memilih secara acak dari 14 kelas yang heterogen untuk memilih dua kelas perlakuan, dan dari dua kelas tersebut kemudian diacak lagi untuk menentukan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol sehingga terpilih kelas XI B1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran kooperatiftipe jigsaw dan kelas XI B2 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Berdasarkan analisis hasil perhitungan dengan uji t maka kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil tersebut adalah antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki kemampuan berbeda. Rata-rata hasil belajar matematika kelompok eksperimen adalah 81.14 sedangkan rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol adalah 77.19 dari hasil analisis tersebut diperoleh thitung > ttabelYaitu 2,117> 1,69 dan p value = 0,037 di mana p < α, dengan demikian H1 diterima , artinya "rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi daripada nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung pada materi konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi siswa kelas XI Akuntansi I SMK Negeri I Palopo. Sebagai kesimpulan, berdasarkan temuan hasil penelitian ini, membuJctikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif daripada model pembelajaran langsung ditinjau dari hasil belajar roat~matika pada materi konjqngsl, disjungsf, implikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41382.pdf
Uncontrolled Keywords: Jigsaw Cooperative Learning Model, Learning Output of Mathematics,Effectivity, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar matematika ,efektivitas
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 04 Aug 2016 02:31
Last Modified: 04 Aug 2016 02:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/832

Actions (login required)

View Item View Item