Hubungan Layanan Pembelajaran Dan Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Dan VI Di SDN Gugus 5 Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk

Murti, Mandasari Pravidya (2018) Hubungan Layanan Pembelajaran Dan Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Dan VI Di SDN Gugus 5 Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43592.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Keberhasilan tujuan pendidikan tidak terlepas dari peran seorang tenaga profesional yaitu guru. Proses pembelajaran merupakan proses guru dan siswa melakukan interaksi bersama-sama pada waktu yang sudah ditentukan oleh sekolah. Keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh sikap guru dalam mengajar. Selain itu dengan adanya layanan pembelajaran yang memadai diharapkan siswa akan lebih maju dalam mencapai hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan layanan pembelajaran dan profesionalisme guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 5 dan 6 di SDN Gugus 5 Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Populasi yang dijadikan responden adalah siswa SDN Gugus 5 Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk yang terdiri 165 siswa dari kelas 5 dan 6 yang masih menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel kuota dengan jumlah sampel sebanyak 116 siswa. Analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus Korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Secara simultan terdapat hubungan yang signifikan antara layanan pembelajaran dan profesionalisme guru- terhadap hasil belajar siswa dengao nilai Fhinmg sebesar 718.964 lebih besar dari nilai F tabel sebesar 2,80, dengan nilai sig 0,000 <α= 0,05; 2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara layanan pembelajaran terhadap hasil belajar matematika di kelas 5 dan 6 siswa SDN Gugus 5. Nilai t hitung 4,828 lebih besar daripada nilai t tabel sebesar 1,658, dengan nilai sig sebesar 0,000 lebih kecil dari α= 0,05; 3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara profesionalisme guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 5 dan 6 SDN Gugus 5 Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk. Nilai t hitung 13,234 lebih besar daripada nilai t tabel sebesar 1,658, dengan nilai sig sebesar 0,000 lebih kecil dari α= 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43592.pdf
Uncontrolled Keywords: layanan pembelajaran, profesionalisme guru, hasil belajar, learning service, teacher professionalism, learning result.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 08 May 2019 03:52
Last Modified: 27 May 2019 04:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8320

Actions (login required)

View Item View Item