Analisis Hubungan Pemanfaatan Multimedia Dan Gaya Belajar Visual Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA SDN Di Kecamatan Bogor Selatan

Sartika, Ranti (2017) Analisis Hubungan Pemanfaatan Multimedia Dan Gaya Belajar Visual Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA SDN Di Kecamatan Bogor Selatan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43379.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk I) Menganalisis hubungan Pemanfaatan Multimedia terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA SDN di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. 2) Menganalisis hubungan Gaya Belajar Visual Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA SDN di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. 3) Menganalisis hubungan Pemanfaatan Multimedia dan Gaya Belajar Visual Siswa secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA SDN di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian adalah dengan metode survei yang merupakan metode pengumpulan data dengan membagikan kuesioner kepada responden yang diminta mengisi jawaban atas pertanyaan yang tersedia. Responden dalam penelitian ini adalah Guru dan Siswa SDN di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara Pemanfaatan Multimedia dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA. Kekuatan hubungan antara Pemanfaatan Multimedia dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA ditunjukkan dengan koefisien korelasi ryl= 0,796 dan koefisien determinasi r2y1= 0,633 artinya bahwa Pemanfaatan Multimedia memberikan kontribusi sebesar 63,3% terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA 2) Terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara Gaya Belajar Visual Siswa dengan Hasil Mata Pelajaran IPA. Kekuatan hubungan antara Gaya Belajar Visual Siswa dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA ditunjukkan dengan koefisien korelasi ry2= 0,747 dan koefisien determinasi r2y2= 0,557 artinya bahwa Gaya Belajar Visual Siswa memberikan koolribusi sebesar 55,7% terhadap Hasil Belajar Mala Pelajaran IPA 3) Terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara Pemanfaatan Multimedia dan Gaya Belajar Visual Siswa secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Keduanya berjalan seiring yang artinya makin tinggi Pemanfaatan Multimedia dan Gaya Belajar Visual Siswa secara bersama-sama maka makin tinggi pula Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA. Kadar hubungan keduanya ditunjukkan dengan koefisien korelasi ry12= 0,838 dan koefisien determinasi r2y12= 0,702 yang berarti bahwa Pemanfaatan Multimedia dan Gaya Belajar Visual Siswa secara bersama sama mempunyai kontribusi sebesar 70,2% terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43379.pdf
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Gaya Belajar Visual, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPA, Multimedia Learning Media, Visual Learning Style, Student Learning Outcomes, Science Subjects.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.8 Students (Siswa, Murid, Pelajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
500 Natural Science and Mathematics > 500-509 Miscellany of Nature Sciences (Aneka Ragam tentang Ilmu Pengetahuan Alam)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 13 May 2019 05:27
Last Modified: 13 May 2019 05:27
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8363

Actions (login required)

View Item View Item