Rachmadi, (2008) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III di RSUD Kabupaten Karimun. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41179.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Rumah sakit merupakan suatu fasilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang senantiasa dituntut untuk melakukan peningkatan kualitas pelayanannya untuk memenuhi kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis kepuasan pasien serta faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III di RSUD Kabupaten karimun. Obyek penelitian ini adalah pasien umum dan pasien asuransi kesehatan rawat inap kelas III dengan jumlah sampel masing-masing 99 pasien. Data diperoleh berupa data primer yaitu menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk kuesioner. Pengolahan data statistik menggunakan SPSS for Windows Release 15. Variabel bebas (X) terdiri dati: Pelayanan dokter (X1), Pelayanan perawat (X2), Pelayanan sarana penunjang rumah sakit (X3) dan Pelayanan Administrasi (X4), sedang variabel terikat terdiri dari : kepuasan pasien umum rawat inap kelas III (Y1) dan kepuasan pasien asuransi kesehatan rawat map kelas III (Y2). Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan RSUD Kabupaten karimun (pelayanan dokter, pelayanan perawat, pelayanan sarana penunjang dan pelayanan administrasi) berhubungan secara simultan signifikan dan menunjukkan hubungan positif serta cukup kuat terhadap kepuasan pasien umum rawat inap kelas III. Kualitas pelayanan rumah sakit berhubungan secara simultan signifikan dan menunjukkan hubungan positif dan kuat terhadap kepuasan pasien asuransi kesehatan rawat inap kelas III. Kualitas Pelayanan RSUD Kabupaten Karimun secara simultan berpengaruh positip terhadap kepuasan pasien umum rawat inap kelas III. Kualitas Pelayanan rumah sakit rumah sakit secara simultan berpengaruh positip terhadap kepuasan pasien asuransi kesehatan rawat inap kelas III. Kualitas pelayanan pasien umum rawat inap kelas III masuk kategori baik dengan skor 65,5 % , sedangkan pelayanan pasien asuransi kesehatan masuk kategori baik dengan skor 67,8 %. Pasien umum rawat inap kelas III merasa puas atas pelayanan rumah sakit dengan skor 67,3% , sedang pasien asuransi kesehatan merasa puas dengan skor 76,9%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41179.pdf |
Uncontrolled Keywords: | patient satisfaction, general patient, health insurance patient, hospitalized in class iii, kepuasan pasien, pasien umum, pasien asuransi kesehatan, pasien rawat inap kelas iii |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 02:49 |
Last Modified: | 09 Jun 2020 02:52 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/841 |
Actions (login required)
View Item |