Korelasi Usia Masuk Sekolah Dasar Dan Pola Asuh Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Blitar

Thoyyibah, Laila Rofiqotut (2017) Korelasi Usia Masuk Sekolah Dasar Dan Pola Asuh Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Blitar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43594.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan korelasi usia masuk SD dengan hasil belajar, (2) mendeskripsikan korelasi pola asuh dengan hasil belajar, (3) mendeskripsikan korelasi usia masuk SD dan pola asuh dengan hasil belajar siswa kelas V SD di Kota Blitar. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif, dengan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Kota Blitar tahun ajaran 2016-2017. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah stratified random sampling. Berdasarkan rata-rata nilai Ujian Sekolah (US) tahun pelajaran 2015-2016 diambil secara acak SD strata atas (SDN Bendo ), strata menengah (SDN Pakunden 2), strata bawah (SDN Tlumpu) dengan jumlah sampel seluruhnya 92 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengetahui pola asuh orang tua. Dokumentasi untuk mengetahui usia anak ketika masuk SD dan hasil belajar siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan Two Way ANOVA. Hasil pengujian terhadap usia masuk SD didapat nilai signifikansi 0,042 dan terdapat perbedaan hasil belajar berdasarkan usia masuk SD. Hasil pengujian terhadap pola asuh didapat nilai signifikansi 0,000 dan ada perbedaan hasil belajar berdasarkan pola asuh. Hasil pengujian terhadap usia masuk SD dan pola asuh didapat nilai signifikansi 0,056 dan ada perbedaan hasil belajar berdasarkan interaksi antara usia masuk SD dan pola asuh. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) terdapat korelasi positif antara usia masuk SD dengan hasil belajar, (2) terdapat korelasi positif antara pola asuh dengan hasil belajar, (3) terdapat korelasi positif antara usia masuk SD dan pola asuh dengan hasil belajar siswa kelas V SD di Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43594.pdf
Uncontrolled Keywords: usia masuk sekolah dasar, pola asuh, hasil belajar, age of starting elementary school, parenting model, learning
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 May 2019 06:51
Last Modified: 27 May 2019 06:51
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8492

Actions (login required)

View Item View Item