Situmorang, Apdi Anto (2017) Tantangan Profesi Dan Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 (Penelitian Deskriptif di Sekolah Dasar YPPK Kristus Raja Kota Sorong). Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43673.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) |
Abstract
Kurikulum 2013 yang diterapkan pemerintah dari tahun 2013 hingga kini masih menuai pro dan kontra baik pada guru, pihak akademisi maupun masyarakat. Hal ini disebabkan persiapan dan penyiapan kompetensi guru sebagai ujung tombak implementasi kurikulum 2013 belum Siap. Penelitian ini mengkaji tentang tantangan profesi dan kesiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SD YPPK Kristus Raja I Kota Sorong. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis tantangan dan sejauh mana kesiapan guru daLam mengimplementasi kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah para guru dan kepala sekolah di SD YPPK Kristus Raja I Kota Sorong. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kurang Optimalnya pemahaman guru tentang penilaian kurikulum 2013, hal ini disebabkan belum maksimalnya sosialisasi dan pelatihan khususnya penilaian yang diberikan terhadap guru. (2) Pengelolaan waktu yang sangat terbatas menyebabkan kegiatan pembelajaran tidak selesai pada waktu yang ditentukan, (3) guru guru kurang memaksimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada di sekolah, sehingga proses pembelajaran masih didominasi oleh guru. (5) guru kurang maksimal dalam memanfaatkan teknologi dan informasi. Dari hasil wawancara dan observasi terhadap guru-guru sasaran dapat diketahui kesiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran di SD YPPK Kristus Raja I sudah cukup walaupun belum optimal.
Actions (login required)
View Item |