Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK

Tumiyanta, (2013) Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41416.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan pendekatan problem posing berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematik siswa SMK. Ada dua hipotesis utama yang akan diuji yaitu : (1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa SMK yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan problem posing lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) Peningkatan pemecahan masalah matematik siswa SMK yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan problem posing lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK di Kota Bogor dengan populasi terjangkau SMK Negeri 3 Bogor. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sample dalam penelitian ini diambil 2 kelas yaitu kelas X di SMK Negeri 3 Bogor yaitu Kelas X Patiseri sebagai kelas eksperimen dan Kelas X Jasa Boga 1 sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tiga macam instrumen yaitu soal tes kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematik dan non tes yang terdiri dari skala pendapat siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan problem posing. Analisis hipotesisnya menggunakan uji rata-rata sampel saling bebas. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan siswa kelas kontrol ( p = 0,000) serta peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas kontrol ( p = 0,000 ). Demikian juga untuk skala pendapat siswa menyatakan siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan problem posing. Melalui pembelajaran problem posing peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematik siswa lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Serta siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan problem posing.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41416.pdf
Uncontrolled Keywords: problem posing method, creative thinking, problem solving, pembelajaran problem posing, berpikir kreatif, pemecahan masalah
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 04 Aug 2016 03:27
Last Modified: 04 Aug 2016 03:27
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/855

Actions (login required)

View Item View Item