Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivsi Mengajar Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bandar SriBraWono Kabupaten Lampung Timur

Supiyata, (2019) Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivsi Mengajar Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bandar SriBraWono Kabupaten Lampung Timur. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43875.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh lingkungan kerja dan motivasi mengajar terhadap Kinerja guru sekolah dasar Kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan angket berupa instrumen kepada responden. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh lirigkungan kerja terhadap kinerja guru (2) terdapat pengaruh motivasi mengajar terhadap kinerja guru (3) terdapat pengaruh lingkungan kerja dan motivasi mengajar secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di sepuluh Sekolah dasar binaan di Kecamatan Bandar Sribhawono, Instrumen yang digunakan untuk masing-masing variabel adalah berupa kuisiooer yang berisi pemyataa-pemyataan yang dijawab responden. Sebelum peneljtian dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas, maka dilakukan analisis butir. Hasil penelitian menyimpulkan sebagai berikut : pertama, berdasarkan analisis statistik antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru diperoleh koefisien korelasi (r) = 0,876 dan koefisien determinasi (KD) = (r2) = 0,577. Ada pengaruh yang kuat antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru dan kontribusi lingkungan kerja terhadap kinerja guru sebesar 57, 7%. Kedua, analisis statistik antara motivasi mengajar terhadap kinerja guru diperoleh koefisien korelasi (r) = 0,604 dan koefisien determinasi (r2) = 0,600. Ada pengaruh yang kuat antara motivasi mengajar terbadap kinerja guru dan kontribusi motivasi mengajar terhadap kinerja guru sebesar 60%. Ketiga, hasil analisis statistik diperoleh koefisien korelasi ganda (r) = 0,879 dan koefisien determin;isi (r2) = 0,678. Ada pengaruh yang kuat antara lingkungan kerja dan motivasi mengajar secara simultan terhadap kinerja guru sekolah dasar di kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur. Kontribusi lingkungan kerja dan motivasi mengajar terhadap kinerja guru sebesar 67,8% dan selebihnya 32,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil ini membuktikan bahwa terdapat hubungan dan besarnya pengaruh dari kedua variabel independen terhadap variabel dependen. Implikasi penelitian ini, lingkungan kerja harus mengupayakan kenyamanan kerja dapat lebih baik lagi. Motivasi mengajar ; guru harus lebih giat lagi dalam bekerja dan sekolah (atasan) lebih memperhatikan faktor kesejahteraan guru sehingga guru akan mendapatkan dorongan giat bekerja. Kinerja guru; setiap guru harus mampu berprestasi dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta tindak lanjut di dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan khususnya untuk meningkatkan Kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43875.pdf
Uncontrolled Keywords: Work Environment, Teaching Motivation, Teacher Performance Lingkungan kerja, Motivasi Mengajar, Kinerja Guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.9 Historical, Geographic, Person Treatment of Elementary Education (Pendidikan Dasar di Lokasi Tertentu)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 14 Oct 2019 07:16
Last Modified: 01 Nov 2019 03:08
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8682

Actions (login required)

View Item View Item