Aspirasi Pendidikan Siswa Kelas VI Dalam Rangka Keinginan Mereka Untuk Melanjutkan Studi Ke Jenjang Lebih Tinggi (Kajian Deskriptif Teoritik Terhadap Siswa Sekolah Dasar Di Wilayah Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang)

Gunawan, Gugun (2019) Aspirasi Pendidikan Siswa Kelas VI Dalam Rangka Keinginan Mereka Untuk Melanjutkan Studi Ke Jenjang Lebih Tinggi (Kajian Deskriptif Teoritik Terhadap Siswa Sekolah Dasar Di Wilayah Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43764.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk menjelaskan dan mencoba mendeskripsi dan mempelajari motivasi melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi pada dua Sekolah Dasar di Desa Bayumundu. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode wawancara dimana peneliti melakukan metode deskripsi hasil wawancara Responden dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa kelas 6 (enarn) dari dua SD Negeri Bayumundu I dan 2 pada tahun pelajaran 2016/2017. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan cara menggamherkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subjek yang diteliti secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk (I) mendeskripsikan aspirasi pendidikan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi siswa kolas VI Sekolah Dasar di Kocamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang; (2) menganlalisis faktor-faktor yang mempengaruhi aspirasi pendidikan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Penelitian ini mengbasilkan dua kesimpulan (I) Aspirasi pendidikan siswa kelas 6 ( enam) Sekolah Dasar di Desa Bayumundu Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeg)ang untuk melanjutkan studi ke jenjang SMP/MTs tergolong rendah disebabkan oleh kecenderungan siswa untuk mengandalkan dan dipengaruhi oleh keluarga dan teman; (2) terdapat dua faktor yang mempengaruhi siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang SMP/MTs yaitu pertama; latar belakang sosial ekonomi keluarga, sebagai petani yang tinggal di daerah pedesaan kurang mernpunyai kapasitas finansial dan wawasan untuk mendorong aspirasi pendidikan anak. Kedua; tradisi dan budaya setempat mempengaruhi pola pildr dan preferensl orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke pondok pesantren dari pada ke sekolah formal (SMP/MTs). Berdaserkan temuan penelitian ini aspirasi dalarn melanjutkan studi ke SMP/MTs dapat ditingkatkan melalui (I) informasi lengkap tentang SMP/MTs yang ada; (2) perhatian dan wawasan orang tua terhadap masa depan anaknya yang disesuaikan dengan keadaan social masing-masing keluarga; (3) guru dapat memberikan motivasi dan dorongan terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43764.pdf
Uncontrolled Keywords: Students' Educational Aspiration, Continuing Higher Study Aspirasi Pendidlkan Siswa, Melanjutkan Studi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.9 Historical, Geographic, Person Treatment of Elementary Education (Pendidikan Dasar di Lokasi Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 16 Oct 2019 04:35
Last Modified: 23 Oct 2019 04:35
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8703

Actions (login required)

View Item View Item