Kinerja Guru Kelas Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Dengan Pendampingan Model Lesson Study

Muri, (2019) Kinerja Guru Kelas Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Dengan Pendampingan Model Lesson Study. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43821.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Ada permasalahan pada Kinerja Guru Kelas Sekolah Dasar di Gugus 2 Dewantoro, sehingga diperlukan pendampingan sebagai solusinya. Pendampingan dengan model Lesson Study merupakan pendampingan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kinerja guru kelas V dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran dengan pendampingan model lesson study di gugus 2 Merakurak Tuban. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan informan penelitian meliputi: pendamping, kepala sekolah, guru dan siswa, sedangkan instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi dan lembar angket. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket. Obyek penelitianya kinerja guru dalam pembelajaran yang mencakup merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk kalimat naratif yang menggambarkan pelaksanaan pendampingan dalam pembelajaran dengan model lesson study. Hasil penelitian pada tahap plan (merancang pembelajaran) meliputi: (1) berdiskusi membuat rancangan pembelajaran, (2) ketika guru-guru mengalami kesulitan pendamping menawarkan solusi, (3) peer teaching oleh guru yang dipilih sebagai guru model, (4) memperbaiki rancangan pembelajaran atas dasar saran dan masukan setelah rancangan disimulasikan. Hasil penelitian pada tahap do (pelaksanaan pembelajaran) meliputi: (1) guru model melaksanakan pembelajaran (2) guru sebagai observer dan pendamping melakukan pengamatan. Untuk mengevaluasi pembelajaran perencaannya dalam tahap plan dan pelaksanannya pada tahap do. Hasil Penelitian pada tahap see (refleksi) meliputi: (1) guru model, guru sebagai observer dan pendamping rnengadakan pertemuan yang dipimpin pendamping, (2) pendamping memberi pujian kepada guru model atas kerja kerasnya, (3) guru model menyampaikan keberhasilan dan kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran, (4) guru sebagai observer menyampaikan hasil pengamatan dan temuan selama proses pembelajaran, (5) pendamping memberi saran dan masukan untuk digunakan pada pertemuan berikutnya. Kesimpulan dari Pendampingan dengan model lesson study ini, memberi kemudahan kepada guru dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran serta berdampak menjadi lebih baik terhadap kinerja guru dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43821.pdf
Uncontrolled Keywords: Teacher performance, mentoring, lesson study. Kinerja Guru, pendampingan ,model lesson study.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 12 Nov 2019 09:16
Last Modified: 18 Nov 2019 02:52
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8800

Actions (login required)

View Item View Item