Hubungan Self Efficacy Dan Kepercayaan Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur

Kusmana, Uus (2018) Hubungan Self Efficacy Dan Kepercayaan Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43885.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah adalah kurangnya motivasi belajar pada siswa. Kurangnya motivasi belajar ini menyebabkan siswa kurang terarah dalam belajar, sulit untuk mencapai suatu tujuan belajar, lambat dalam pekerjaan, kurangnya kepercayaan diri, serta tidak dapat menyelesaikan kewajibannya sebagai siswa. upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa ditentukan oleh self efficacy melalui magnitude, strenght, dan generality. Selain itu kepercayaan diri juga menjadi salah satu faktor dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana hubungan Self Efficacy dengan motivasi belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur, menganalisis bagaimana hubungan kepercayaan diri dengan motivasi belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur, dan menganalisis bagaimana hubungan antara Self Efficacy dan kepercayaan diri dengan motivasi belajar siswa kela5. VI Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Metode yang digunakan survey dengan pendekatan regresi. Data di lapangan diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan indikator-indikator variabel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Menurut data dari UPTD Kecamatan Cilaku, dari jumlah sekolah dasar negeri sebanyak 15 sekolah terdapat Jumlah Siswa kelas VI ada 332 orang. Dengan menggunakan rumus Slovin di ambil sampel sebanyak 132 orang responden kemudian ditentukan dari setiap sekolah dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi dan korelasi sederhana, serta teknik analisis korelasi dan korelasi ganda. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan Self Efficacy dengan motivasi belajar siswa, terdapat hubungan kepercayaan diri dengan motivasi belajar siswa, dan terdapat hubungan Self Efficacy dan kepercayaan diri dengan motivasi belajar siswa.berdasarkan temuan tersebut untuk motivasi belajar siswa dapat dilakukan melalui variabel Self Efficacy dan variabel kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43885.pdf
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, self-confidence, learning motivation,Self Efficacy, kepercayaan diri, motivasi belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:51
Last Modified: 14 Jan 2020 02:51
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8839

Actions (login required)

View Item View Item