Mulyati, Zaitun Rahmi (2018) Hubungan Kemampuan Pengelolaan Keiss dan Kinerja Guru dengan Motivasi Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43891.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah menurunnya nilai USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) tahun 2017/2018 dibanding nilai USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) tahun 2016/2017. Hal ini disinyalir kurangnya motivasi belajar siswa yang berdampak pada nilai USBN. Kemampuan pengelolaan kelas dan kinerja guru dapat diduga berkolerasi dengan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan pengelolaan kelas dan kinerja guru dengan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan metode analisis two-way anova. Sampel penelitian terdiri dari 16 guru dan 228 siswa kelas 6 di 7 sekolah yang ada di Gugus 2 Pajeleran Cibinong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa, 2. Terdapat hubungan yang signifikan antara variabel Kinerja Guru dengan Motivasi Belajar Siswa, 3.Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan dan kinerja guru secara bersama-sama dengan motivasi belajar siswa. Dengan demikian peningkatan kemampuan pengelolaan kelas dan perbaikan kinerja guru yang kondusif akan meningkatkan motivasi belajar siswa.
Actions (login required)
View Item |