Hubungan Kemampuan Pengelolaan Keiss dan Kinerja Guru dengan Motivasi Belajar Siswa

Mulyati, Zaitun Rahmi (2018) Hubungan Kemampuan Pengelolaan Keiss dan Kinerja Guru dengan Motivasi Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43891.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah menurunnya nilai USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) tahun 2017/2018 dibanding nilai USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) tahun 2016/2017. Hal ini disinyalir kurangnya motivasi belajar siswa yang berdampak pada nilai USBN. Kemampuan pengelolaan kelas dan kinerja guru dapat diduga berkolerasi dengan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan pengelolaan kelas dan kinerja guru dengan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan metode analisis two-way anova. Sampel penelitian terdiri dari 16 guru dan 228 siswa kelas 6 di 7 sekolah yang ada di Gugus 2 Pajeleran Cibinong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa, 2. Terdapat hubungan yang signifikan antara variabel Kinerja Guru dengan Motivasi Belajar Siswa, 3.Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan dan kinerja guru secara bersama-sama dengan motivasi belajar siswa. Dengan demikian peningkatan kemampuan pengelolaan kelas dan perbaikan kinerja guru yang kondusif akan meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43891.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning motivation, classroom management, teacher's performance, Motivasi belajar, Pengelolaan kelas, Kinerja Guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:48
Last Modified: 09 Mar 2020 02:48
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8914

Actions (login required)

View Item View Item