Gunadi, (2018) Analisis Manajemen Mutu Di Sekolah Dasar Rujukan Tanah Grogot. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43909.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Manajemen mutu sekolah akan memberikan manfaat dan kesuksesan bagi sekolah jika diimplementasikan dengan komitmen dan konsisten,sehingga penting untuk dijadikan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengumngkapkan perencanaan yang dilakukan dalam meningkatkan manajemen mutu di SD Rujukan, 2) untuk mengungkapkan pelaksanaan manajemen mutu di SD Rujukan, 3) untuk mengungkapkan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen mutu di SD Rujukan, 4) untuk mengungkapkan upaya yang dilakukan dalam peningkatan manajemen mutu di SD Rujukan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif Objek yang digunakan adalah kepala sekolah, guru, siswa, komite, pengawas, UPT, dan TU. Teknik analisis yang digunakan adalah model interaktif menumt Milles dan Hubennan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa : 1) perencanaan yang dilakukan manajemen mutu di SD Rujukan 004 Tanah Grogot meliputi kebijakan mutu, standar mutu, sasaran mutu dan komitmen terhadap kebijakan mutu. 2) pelaksanaan manajemen mutu di SD Rujukan 004 Tanah Grogot ditinjau dari aspek input, proses, output. Aspek input ditunju..lckan dengan keberadaan kebijakan mutu, standar mutu, dan sasaran mutu serta komitmen terhadap kebijakan mutu. aspek proses ditunjukkan pada kepemimpinan kepala sekolah, pemberdayaan guru, kepuasan pelanggan dan perbaikan yang berkelanjutan. Sedangkan output ditunjukkan dengan berbagai prestasi yang diraih baik akademik maupun non akademik. 3) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen mutu di SD Rujukan 004 Tanah Grogot antara lain terkait dengan keberadaan ruang kelas yang masih kurang, sehingga proses belajar mengajar belum berlangsung secara optimal, serta belum semua guru menguasai IT. 4)upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan manajemen mutu di sekolah Rujukan 004 Tanah Grogot pihak manajemen sekolah semakin intensif melaksanakan koordinasi dengan intansi terkait, terhadap guru, terhadap siswa,serta diharapkan lebih fokus dalam kegiatan belajar mengajar sehingga prestasi siswa dapat meningkat sesuai dengan visi dan misi serta kebijakan mutu sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43909.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Primary School Quality Management, Manajemen Mutu Sekolah Dasar |
Subjects: | 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.83 Management Quality (Manajemen Mutu / ISO) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 07:35 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 07:35 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9143 |
Actions (login required)
View Item |