Pengembangan Media Belajar Dakon Tutup Botol Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung KPK Dan FPB Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar

Susanti, Yanik Dwi and Supriyono, and Kartono, (2019) Pengembangan Media Belajar Dakon Tutup Botol Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung KPK Dan FPB Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44070.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran matematika materi berhitung di sekolah dasar khususnya kelas IV tentang KPK clan FPB masih dilakukan secara konvensional. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian pengembangan media guna membantu memvisualisasikan hal abstrak dalam pembelajaran matematika materi KPK dan FPB. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa pengembangan media dakon tutup botol yang valid,praktis dan menarik. Selain itu validitas dan efektifitas produk media juga diuji. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan quasi eksperimen. Populasi yang menjadi objek coba penelitian adalah siswa kelas IV sekolah dasar di Gugus I Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Sedang sampel yang digunakan cluster random sampling, SDN 1 Kalidawir sebagai kelas eksperimen dan SDN 1 Ngubalan sebagai kelas kontrol. Untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan Uji-t Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil uji validitas media oleh tim ahli terhadap media belajar dakon tutup botol untuk materi KPK dan FPB diperoleh nilai sig<0,05,yaitu 0,4973<0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV; 2) hasil uji-t pengembangan media dakon tutup botol terhadap hasil belajar matematika materi KPK dan FPB diperoleh nilai sig<0,05, yaitu 0,001 <0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media dakon tutup botoJ meningkatkan basil belajar siswa kelas IV secara signifikan; 3) hasil uji-t respon siswa terhadap efektivitas media dakon tutup botol diperoleh nilai sig<0,05, yaitu 0,4973<0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media dakon tutup botol dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi KPK dan FPB siswa kelas IV. Penelitian ini merekomendasikan bahwa media dakon tutup botol dapat dijadikan media pembelajaran. Media ini juga dapat diterapkan di kelas yang Iain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44070.pdf
Uncontrolled Keywords: Bottle Tops Dakon, Counting Skill of Smallest Multiples ( KPK)And Biggest Guild Factor ( FPB)Media Dakon Tutup Botol, Ketrampilan Berhitung KPK dan FPB
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 24 Mar 2021 03:53
Last Modified: 24 Mar 2021 03:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9267

Actions (login required)

View Item View Item