Pengaruh Pembelajaran Model Realistic Mathematics Education (RME) Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pengolahan Data Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 4 Kampungdalem Kecamatan Tulungagung

Wuliani, Rias and Baehaki, Imam and Rosita, Tita (2019) Pengaruh Pembelajaran Model Realistic Mathematics Education (RME) Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pengolahan Data Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 4 Kampungdalem Kecamatan Tulungagung. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44095.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pendckatan Realistic Mathematics Education merupakan salah satu model pembelajaran matematika yang mudah diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model belajar Realistic Mathematics Education dan minat belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah semua kelas V SDN 4 KarnpungdaJem dengan sampel kelas VA dan VB. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes. Analisis data dengan menggunakan uji paired sample I-test dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Kampungdalem Kecamatan TuJungagung dengan hasil thitung =5,406 > ttabel = 2,026. (2) Terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Kampungdalem Kecamatan Tulungagung dengan koefisien korelasi sebesar 72,4% serta diperoleh thitung = 9,442 > ttabel = 2,026. (3)Terdapat pengaruh yang signifikan model Realistic Mathematics Education dan minat belajar secara simultan terhadap basil belajar siswa kelas V SDN 4 Kampungdalem Kecamatan TuJungagung dengan koefisien korelasi sebesar 76,2% serta diperoleh fhitung 52,702 > ftabel 3,28. Berdasarkan penelitian, guru disarankan menggunakan metode Realistic Mathematics Education dan dapat menumbuhkan rninat guna mening.katkan hasil belajar siswa yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 20/44095.pdf
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education, Learning Interest, Learning Outcome, Realistic Mathematics Education (RME), Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 05 Apr 2021 08:40
Last Modified: 05 Apr 2021 08:40
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9283

Actions (login required)

View Item View Item