Diagnosis Kelemahan Literasi Matematis Siswa SMP dan Pemberian Scaffolding dalam Menyelesaikan Soal PISA-Like

Yanti, Ary and Siswono, Tatag Yuli Eko and Wahyuningrum, Endang (2019) Diagnosis Kelemahan Literasi Matematis Siswa SMP dan Pemberian Scaffolding dalam Menyelesaikan Soal PISA-Like. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44092.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Literasi matematis memiliki peran penting dalam pengembangan potensi dan keterampilan siswa. Literasi matematis digunakan untuk memecahkan berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Diagnosis kelemahan literasi matematis dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak kelemahan siswa dalam menyelesaikan soal PISA-like. Kelemahan dalam menyelesaikan soal PISA-like ditandai dengan adanya kesalahan penerapan proses literasi matematis. Proses literasi matematis terdiri dari formulate, employ dan interpret. Untuk mengatasi kelemahan proses literasi matematis diberikan scaffolding menurut tahapan scaffolding Anghileri (2006). Pemberian scaffolding bertujuan agar siswa mampu mengatasi kelemahan dalam menyelesaikan soal PISA-like. Masalah yang diberikan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis soal PISA-like. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode grounded research (GR). Data yang dihasilkan dalam penelitian berupa tulisan yang diperoleh dari hasil tes, dan observasi. Sedangkan data dalam bentuk ucapan dan gerak diperoleh melalui wawancara dan rekaman audiovisual. Untuk menganalisis data digunakan alur analisis data Miles dan Hubberman (2014:12) meliputi mereduksi data, menyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrurnen pada penelitian ini terdiri dari peneliti sebagai instrumen utama, tes diagnosis dan pedoman scaffolding. Untuk meningkatkan kepercayaan penelitian maka digunakan triangulasi data jenis waktu. Teknik pemilihan informan adalah teknik teoritis sampling (theorical sampling), pemilihan informan dilakukan dengan memilih siswa yang melakukan kesalahan paling banyak pada penerapan proses literasi matematis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut (1) kelemahan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA-like terdiri dari merepresentasikan informasi pada soal, mengidentifikasi pertanyaan, merancang strategi untuk menyelesaikan soal PISA-like, menaksir data pada diagram batang, menerapkan operasi bilangan, menghitung hasil operasi bilangan, menafsirkan solusi, mengomunikasikan solusi sebagai penyelesaian pada soal PISA-like yang diberikan, (2) untuk mengatasi kelemahan yang ditunjukkan oleh siswa diberikan scaffolding sebagai upaya mengatasi kelemahan tersebut. Scaffolding yang dilakukan untuk mengatasi kelemahan dalam menyelesaikan soal PISA-like terdiri dari membaca soal dengan cermat terlebih dahulu, memberikan pertanyaan dengan tujuan menggali pengetahuan siswa mengenai informasi pada soal, mengidentifikasi pertanyaan pada soal, menggali informasi agar dapat menerapkan strategi yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan, menjelaskan langkah menaksir data pada diagram batang dan mengarahkan agar siswa agar menggunakan alat matematis yang sesuai, menerapkan cara penyelesaian soal yang tepat dan menggunakan konsep operasi bilangan secara tepat, menjelaskan langkah dalam menentukan hasil clan menerapkan operasi hitung dengan benar, menjelaskan dan mengaitkan hasil yang diperoleh dengan apa yang ditanyakan oleh soaJ PISA-like, dan menarik kesimpulan secara benar dan meninjau ulang hasil penyelesaian yang didapat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 20/44092.pdf
Uncontrolled Keywords: diagnosis, literasi matematis, soal PISA-like
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 08 Apr 2021 07:19
Last Modified: 08 Apr 2021 07:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9287

Actions (login required)

View Item View Item