Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Di Kecamatan Pagar Alam Selatan Kota Pagar Alam

Azma, Nur and Harapan, Edi and Hidayah, Zainur (2018) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Di Kecamatan Pagar Alam Selatan Kota Pagar Alam. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44188.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan komponen penting dalam proses belajar mengajar karena mutu dan basil pendidikan sangat tergantung pada kinerja guru dalarn melaksanakan proses pembelajaran, upaya untuk meningkatkan kinerja guru salah satunya dengan menjalin hubungan baik antar kepala sekolah dan warga sekolah sekaligus pemberian motivasi dari luar (Ekstrinsik) kepada semua guru agar dalam mengembangkan potensinya di sekolah akan lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi ekstrinsik dengan kinerja guru di sekolah dasar Negeri sekecamatan Pagaralam Selatan kota Pagaralam baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan kuesioner sebagai instrwnen penelitian. Instrumen kinerja guru sebagai variabel terikat, kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi ekstrinsik sebagai variabel bebas diujicobakan terlebih dahulu di dua SD Negeri yaitu SD Negeri 54 Pagaralam dan SD Negeri 68 Pagaralam untuk menentukan validitas dan reliabilitasnya. Instrumen yang dinyatakan valid dan reliabel akan digunakan sebagai alat pengumpul data dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru (PNS) SD Negeri se-kecamatan Pagaralam Selatan yang tersebar di lima sekolah yaitu SD Negeri 3 Pagaralam, SD Negeri 31 Pagaralam, SD Negeri 43 Pagaralam, SD Negeri 49 Pagaralam dan SD Negeri 58 Pagaralam. Responden penelitian terdiri dari 67 orang sebagai sumber data kepemimpinan kepala sekolah, motivasi ekstrinsik dan kinerja guru. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas selanjutnya dilakukan uji pengaruh dengan menggunakan uji t untuk pengaruh secara parsial dan uji F untuk pengaruh berganda. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dengan kinerja guru dan Motivasi Ekstrinsik berpengaruh positif dengan kinerja guru serta Kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi ekstrinsik secara simultan berpengaruh positif dengan kinerja guru di SD Negeri se-kecamatan Pagar Alam Selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 20/44188.pdf
Uncontrolled Keywords: school head leadership, extrinsic motivation, and the performance of Teachers, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Ekstrinsik dan Kinerja
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 May 2021 06:47
Last Modified: 20 May 2021 06:47
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9346

Actions (login required)

View Item View Item