Hubungan Supervisi Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Swasta Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi

Sukardi, Adi (2019) Hubungan Supervisi Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Swasta Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44414.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kunci utama dari kemajuan Pendidikan Indonesia adalah kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan kinerja guru. Contoh upaya untuk meningkatkan kinerja guru dengan melakukan kegiatan pengawasan kepala sekolah. Kepala Sekolah melakukan pengawasan yang sistematis, terprogram, dan berkelanjutan untuk menyelesaikan masalah guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Padahal, sistem pendidikan dan pengawasan yang baik membutuhkan lingkungan kerja yang nyaman di sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara pengawasan kepala sekolah dan iklim sekolah dengan kinerja guru sekolah dasar swasta di Setu, Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik regresi dan korelasi. Itu menggunakan kuesioner sebagai instrumen yang telah diuji vahditasnya oleh Pearson Moment Product dan Cronbach Alpha diuji untuk reliabilitas. Populasi penelitian adalah guru sekolah dasar swasta di Setu, Bekasi, yang diambil dengan teknik sistem sampel acak. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normal kesalahan evaluasi dengan uji Liliefors dan uji Bartlett. Uji hipotesis penelitian menggunakan regresi linier sederhana, regresi linier berganda, teknik korelasi sederhana, korelasi parsial, dan korelasi berganda. Hipotesis pertama menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara pengawasan kepala sekolah (Xl) dan kineija guru (Y) sekolah dasar swasta di Setu menunjukkan bahwa 35,7% kineija guru swasta guru sekolah dasar di Setu diperkuat oleh pengawasan kepala sekolah. Uji hipotesis kedua juga menghasilkan korelasi positif antara iklim sekolah (X2) dan kineija guru (Y) menunjukkan bahwa 37,3% kinerja guru diperkuat oleh iklim sekolah. Uji hipotesis ketiga menggabungkan semua variabel dan ada korelasi positif antara variabel independen dari pengawasan kepala sekolah (Xl) dan iklim sekolah (X2) dengan kineija guru (Y) di sekolah dasar swasta di Setu menunjukkan bahwa 39,4% berdasarkan data tes diketahui bahwa ada korelasi yang kuat antara pengawasan kepala sekolah dan iklim sekolah (korelasinya kuat). Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa meningkatkan kinerja guru dapat dilakukan dengan mengadakan pengawasan kepala sekolah dan menciptakan iklim sekolah yang kondusif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44414.pdf
Uncontrolled Keywords: Teaching Performance,principal supervision,sehool climate,private primary school, kinerja guru, supervisi kepala sekolah, iklim sekolah, sekolah dasar swasta
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 Sep 2021 02:10
Last Modified: 06 Dec 2023 02:15
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9464

Actions (login required)

View Item View Item