Efektivitas Model Pembelajaran Matematika dengan Metode Numbered Heads Together berbantuan CD Interaktif materi Himpunan Kelas VII

Hartono, Waris (2013) Efektivitas Model Pembelajaran Matematika dengan Metode Numbered Heads Together berbantuan CD Interaktif materi Himpunan Kelas VII. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41421.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Tidak berkembangnya proses pembelajaran matematika dan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tersono diakibatkan oleh pembelajaran materi himpunan dalam pambelajarannya oleh sebagian besar siswa dirasakan sangat sulit. Penelitan ini diawali dengan membuat perangkat pembelajaran dan memberikan tugas terstruktur untuk mendorong siswa bereksplorasi meningkatkan aktivitas yang akibatnya dapat menumbuhkan pola keterampilan berfikir kritis, elaborasinya dengan apersepsi menagih tugas untuk mengkomunikasikan dengan teman dan guru, adapun konfirmasinya dengan memainkan Numbered Heads Together berbantuan CD Interaktif pada kelas eksperimen untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif, menarik bagi siswa dan memberi kesempatan bagi siswa untuk terlibat secara optimal dan menggali potensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran berlangsung efektif yang ditandai dengan (1) dapat mencapai ketuntasan belajar yang ditentukan yakni 62; (2) adanya pengaruh positif aktivitas belajar dan keterampilan berfikir kritis terhadap kemampuan berfikir kritis belajar yang signifikan; dan (3) beda kemampuan berfikir kritis proses pembelajaran pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi berjumlah 3 rombongan belajar dengan teknik klaster random sampling berdasarkan nilai tes tengah semester genap, dan terpilih 2 kelas yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian adalah aktivitas, keterampilan berfikir kritis, dan kemampuan berfikir kritis. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan dan tes kemampuan berfikir kritis yang diolah dengan uji banding t dan uji pengaruh regresi. Hasil analisis menunjukkan (1) hasil belajar kemampuan berfikir kritis siswa kelas eksperimen secara uji statistik menunjukkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 86,96 %; (2) terdapat pengaruh positif aktivitas belajar dan keterampilan berfikir kritis terhadap kemampuan berfikir kritis pada kelas eksperimen masing-masing sebesar 99,1% dan 98,5% serta terdapat pengaruh positif bersama antara aktivitas belajar dengan keterampilan berfikir kritis terhadap kemampuan berfikir kritis sebesar 99,2%; dan (3) ada perbedaan rerata kemampuan berfikir kritis yang signifikan antara kelas ekperimen dari pada kelas kontrol, secara uji statistik rerata kelas eksperimen sebesar 73,80 lebih tinggi dari pada kelas kontrol sebesar 67,30. Berdasarkan hasil tersebut berarti efektivitas pembelajaran tercapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41421.pdf
Uncontrolled Keywords: activity, skill, critical thinking competence, NHT, Interactive CD, aktivitas, keterampilan, kemampuan berfikir kritis, NHT, CD interaktif
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 05 Aug 2016 01:54
Last Modified: 05 Aug 2016 01:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/949

Actions (login required)

View Item View Item