Dibyantoro, Widodo (2013) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dan Gaya Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41424.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual dan gaya kognitif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Pendekatan pembelajaran kontekstual adalah suatu pendekatan pembelajaran yang mengkaitkan antara materi pelajaran dengan pengalaman belajar siswa sedangkan gaya kognitif siswa meliputi gaya kognitif field independent dan field dependent. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP di Panggarangan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (kuasi eksperimen) dimana eksperimen dilaksanakan pada kelas yang sudah ada. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Treatment by level 2x2. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematika kelompok siswa yang diberi pendekatan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi pembelajaran konvensional; (2) Adanya pengaruh interaksi antara kelompok siswa yang diberi pendekatan pembelajaran kontekstual dan kelompok siswa yang diberi pembelajaran konvensional dengan gaya kognitif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika; (3) Kemampuan pemahaman konsep matematika kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif FI dan diberi pendekatan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada yang diberi pembelajaran konvensional; (4) Tidak terdapat perbedaan antara kelompok siswa yang diberi pendekatan pembelajaran kontekstual dan memiliki gaya kognitif FD dengan kelompok siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Diharapkan guru hendaknya mempertimbangkan gaya kognitif siswa dalam pembelajaran. Karena gaya kognitif adalah kondisi belajar yang menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam merancang pembelajaran. Gaya kognitif diperlukan untuk merancang atau memodifikasi materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, serta pendekatan pembelajaran. Sehingga hasil belajar siswa dalam hal ini kemampuan pemahaman konsep matematika dapat ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41424.pdf |
Uncontrolled Keywords: | contextual, conventional, cognitive style, and understanding of mathematical concepts, kontekstual, konvensional, gaya kognitif, dan pemahaman konsep matematika |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 02:21 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 02:21 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/959 |
Actions (login required)
View Item |