Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Think Pair And Share Berbantuan Permainan Monopoli Dan Dengan Snowball Throwing

Mardianto, Tri Wahyu Bagus (2019) Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Think Pair And Share Berbantuan Permainan Monopoli Dan Dengan Snowball Throwing. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44301.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) perbedaan. prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Think. Pair and Share Berbantuan Permainan Monopoli dan dengan Snowball Throwing, (2) prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah (3) interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair And Share Berbantuan Permainan Monopoli dan Snowball Throwing dengan kemampuan awal siswa tinggi, sedang, dan rendah terbadap prestasi belajar matematika. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas yang terpilih yaitu VII E dengan jumlah 25 siswa dan VII D dengan jumlah 26 siswa di SMP Negeri 2 Parang Magetan. Metode pengumpulan data, yaitu dokumentasi untuk memperoleh data nilai ulangan harian, metode tes untuk memperoleh data kemampuan awal dan prestasi belajar. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi (anava) dua jalan sel tak sama. Hasil pengujian hipotesis dengan anava dua jalan sel tak sama (a=0,05) menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan efek antar baris terhadap variabel terikat (Fobs = 10,82 dan Fa = 4,06), (2) terdapat perbedaan efek antar kolom terhadap variabel teri.kat (Fobs = 52,53 clan Fa = 3,21), (3) tidak ada interaksi baris dan kolom terbadap variabel terikat (Fobs = 0,30 dan Fa = 3,21). Kesimpulan dari basil penelitian ini adalah (1)prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Think Pair and Share Berbantuan Permainan Monopoli lebib baik daripada Snowball Throwing, (2) prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi lebih baik daripada siswa dengan kernampuan awal sedang maupun rendah dan siswa dengan kemampuan awal sedang lebih baik daripada siswa dengan kemampuan awal rendah, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair And Share Berbantuan Permaianan Monopoli dan Snowball Throwing dengan kemampuan awal siswa tinggi, sedang, dan rendah terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 500641737-44301.pdf
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Model, Think Pair and Share Assisted by Monopoly Games, Snowball Throwing, Initial Ability, Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair and Share Berbantuan Permainan Monopoli, Snowball Throwing, Kemarnpuan Awal
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Jan 2022 07:58
Last Modified: 12 Jan 2022 07:58
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9636

Actions (login required)

View Item View Item