Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Sikap Kritis Siswa Kelas IV

Juniati, (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Sikap Kritis Siswa Kelas IV. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44252.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengembangan perangkat pembelajaran model Inkuiri terbimbing berbantuan lembar kerja siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap kritis siswa materi luas bangun datar kelas IV SDN Ujungnegoro 01. Tujuan penelitian menghasilkan perangkat pembelajaran luas bangun datar model lnkuiri terbimbing berbantuan lembar kerja siswa dengan pendekatan valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembapgan dengan menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D terdirl dari tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Jenis perangkat yang dikembangkan adalah : (1) Silabus; (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); (3) Lembar Kerja Siswa (LKS); dan (4) Buku Siswa (BS); dan (5) Tes Kemampuan Pemecahan Masalah (TKPM). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ujungnegoro 01 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN Karanggeneng 01 sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini adalah pembelajaran model Inkuiri terbimbing berbantuan lembar kerja siswa (X) dan kemampuan pemecahan masalah dan sikap kritis (Y). Perangkat pembelajaran valid ditentukan berdasarkan rata-rata skor validasi ahli dengan kategori baik dan perangkat pembelajaran praktis dilihat dari rata-rata skor kepraktisan yang didapat dari angket respon siswa dan pengamatan pengelolaan pembelajaran oleh guru sedangkan untuk perangkat pembelajaran yang efektif menggunakan uji proporsi, uji banding, uji regresi dan uji gain. Hasil pengembangan perangkat pernbelajaran sebagai berikut : (1) perangkat pembela jaran yang dikembangkan valid menurut validator ; (2) perangkat dikatakan praktis karena respon siswa positif dengan skor 84,72% dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran model lnkuiri terbimbing berbantuan lembar kerja siswa adalah efektif, ditandai dengan tercapainya; (a) siswa mencapai ketuntasan secara individual (nilai minimal 66) maupun klasikal,(b) hasil tes materi luas bangun datar pada kelas yang menggunakan perangkat model Inkuiri terbirnbing berbantuan lembar kerja siswa Iebih baik dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode konvensional, (c) adanya pengaruh pembelajaran model lnkuiri terbimbing berbantuan lembar kerja siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap kritis siswa materi Juas bangun datar sebesar 70,4%, dan (d) adanya peningkatan kemampuan TKPM sebesar 0,62 termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 500833841 - 44252.pdf
Uncontrolled Keywords: inquiry, student worksheets, problem solving, critical attitudes , Inkuiri terbimbing, lembar kerja siswa, pemecahan masalah,sikap kritis, dan luas bangun datar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 02 Mar 2022 03:20
Last Modified: 02 Mar 2022 03:20
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9682

Actions (login required)

View Item View Item