Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Materi Hubungan Antar Satuan Panjang melalui Pendekatan Kooperatif STAD pada Siswa Kelasi IV SDN Kait-Kait 1

Atikah, and Hadi, Abdul (2013) Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Materi Hubungan Antar Satuan Panjang melalui Pendekatan Kooperatif STAD pada Siswa Kelasi IV SDN Kait-Kait 1. LANDASAN (Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Kemasyarakatan), 8 (2). pp. 46-53. ISSN 1907-431X

[img]
Preview
Text
22-B0009.pdf.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang meliputi hasil belajar siswa, mengetahui aktivitas siswa danguru, dan mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran materi hubungan antar satuan panjangmelalui pendekatan kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kait-Kait 1, yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitiantindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan yang mana siklus 1 membahas tentanghubungan antar satuan panjang dan pada siklus 2 membahas tentang hubungan antar satuan panjang (lanjutan). Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan. Data dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif STAD dapat meningkatkanpemahaman siswa kelas IV SDN Kait-Kait 1 pada konsep hubungan antar satuan panjang. Hasil ini ditunjukkan oleh hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 87,5% dan pada siklus 2 sebesar 100%. Hasil selama proses pembelajaran mengalamai peningkatan pada siklus 1 tergolong dalam kategori baik. Proses pembelajaran belum sepenuhnya terpusat pada siswa, namun pembelajaran ini mendapatkan respon yang positif dari siswa.

Item Type: Article
Additional Information (ID): 22-B0009.pdf
Uncontrolled Keywords: Hubungan antar Satuan Panjang, Pendekatan Kooperatif tipeSTAD, hasil belajar siswa
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 24 May 2022 02:37
Last Modified: 25 May 2022 02:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9714

Actions (login required)

View Item View Item