MULYADI, DEDY and Darmanto, and Erdi, (2019) Evaluasi Kebijakan Penempatan Dan Pemindahan Guru Sekolah Dasar Negeri Oleh Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Sintang. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
0Cvr.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
123.pdf Download (873kB) | Preview |
|
|
Text
456.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Belum terdistribusinya secara merata Guru Sekolah Dasar tentunya akan berpengaruh terhadap kualitas proses pendidikan khususnya pada beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang. Beberapa permasalahan yang masih dihadapi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang dalam pemindahan dan penempatan guru sekolah dasar negeri antara lain adalah: (1) Dari aspek pemindahan guru, adanya kebijakan pada masa lalu, yang memberikan kewenangan kepada Camat untuk memberikan rekomendasi mutasi pindah guru, yang menyebabkan banyak guru yang dapat pindah secara leluasa. Selain itu, dari aspek pemindahan adalah masih berkembangnya budaya "ikut suami", "orang tua sakit" dan sebagainya, sehingga banyak guru-guru yang mengajukan pi ndah ke ibukota kabupaten atau ibukota kecamatan . (2) Dari aspeR penempatan guru, formasi perterimaan glir-u seKelali dasar negeri belum sebanding dengan kebutuhan seluruh sekolah yang ada. Selain itu,kondisi wilayah/geografis Kabupaten Sintang yang sebagian besar masih terisolir dan sulit dijangkau serta belum tersedianya fasilitas yang memadai untuk guru (rumah dinas, kendaraan dinas dan sebagainya). Masih minimnya anggaran untuk mengangkat guru kontrak yang di danai melalui APBD Kabupaten Sintang. Oleh karena itu,penelitian ini difokuskan pada evaluasi tingkat kecukupan, tingkat perataan, tingkat ketepatan, serta efektivitas, efisiensi dan responsivitas dalam penempatan dan pemindahan Guru Sekolah Dasar Negeri oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 530003743 - 44313.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Adequacy, Equity, Accuracy, Effectiveness, Efficiency, Responsiveness,Distribution placement of Elementary Teachers,Kecukupan, Pemerataan, Ketepatan, Efektivitas, Efisiensi, Responsivitas, Pemindahan/Penempatan Guru SD. |
Subjects: | 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 05:14 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 05:14 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9733 |
Actions (login required)
View Item |