Pengembangan Perangkat Model Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematlka Untuk Meningkatkan Kerja Sama Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Materi Volume Kubus Dan Balok Pada Siswa Kelas V

LASMIYANTO, and Zaenuri, Mastur and Suroyo, (2020) Pengembangan Perangkat Model Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematlka Untuk Meningkatkan Kerja Sama Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Materi Volume Kubus Dan Balok Pada Siswa Kelas V. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44391.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian mi rnerupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tcrsebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan model Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi 6 langkah utama yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan,pengembangan format produk awal, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, dan uji pelaksanaan lapangan. Analisis data untuk menilai kevalidan perangkat pembelajaran dilakukan oleh 3 validator menggunakan instrumen lembar validasi. Kepraktisan perangkat dinilai menggunakan Jembar pengamatan kemampuan guru mengelola kelas dan lembar angket respon siswa. Keefektifan dinilai berdasarkan uji ketuntasan. uji banding t-test, uji regresi Jinicr, uji Gain dan uji peningkatan t-tcst. Hasil validitas perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian yang dihitung dengan nilai maksimum 5.00 adalah sebagai berikut: 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid yaitu silabus dengan skor rata­ rata 4.81 (sangat baik), RPP dengan skor rata-rata 4,87 (sangat baik), buku siswa dengan skor rata-rata 4,67 (sangat baik). LKS dengan skor rata-rata 4, 70 (sangat baik), 2) Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis, yaitu a) hasil pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran mempunyai rata-rata 4,43 (sangat baik),b) respon siswa dengan rata-rata 3,85 atau 77% (baik), 3) Pembelajaran matematika dinyatakan efektif yaitu: a) KPMM mencapai ketuntasan individual, KPMM mencapai ketuntasan klasikal dengan ketuntasan lebih dari 75 %, b)Perbedaan nilai rata-rata kelas yang diajar dengan model PBL beruansa etnomatematika 80, 9595 lebih baik dari kelas yang diajar dengan model konvensional 64,4167; c) adanya pengaruh positif karakter kerja sama dengan kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 57,2 %, dan d) adanya peningkatan kerjasama dan kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 500833859 - 44391.pdf
Uncontrolled Keywords: Cooperation, Mathematical Problem Solving, PBL, Leaming Device Development, Valid, Practical, Effective , Kerja sama, Pemecahan Masalah Matematika, PBL. Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Valid, Praktis, Efektif.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (Berhitung untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:13
Last Modified: 28 Jun 2022 03:13
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9749

Actions (login required)

View Item View Item