Penggunaan Aplikasi Classdojo Oleh Tenaga Pendidik Asing Dan Tenaga Pendidik Indonesia Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa

Rosnawati, E. (2021) Penggunaan Aplikasi Classdojo Oleh Tenaga Pendidik Asing Dan Tenaga Pendidik Indonesia Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40019-23cover.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40019-23abstrak.pdf

Download (741kB) | Preview

Abstract

Tenaga pendidik yang kompeten, baik itu guru asing ataupun Indonesia dan ditambah dengan aplikasi online yang tepat untuk mendukung guru dalam mengelola kelas akan membawa kelas tersebut lebih siap dan focus selama proses belajar mengajar hingga pada akhimya siswa akan mencapai nilai Quiz, PTS dan PAS yang maksimal. Aplikasi ClassDojo sebagai aplikasi online yang featurenya cukup lengkap akan mendorong peserta didik memunculkan perilaku positif sehingga muncul work etic yang tinggi, dan penguasaan materi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi Classdojo oleh tenaga pendidik asing dan Indonesia serta menganalisis bagaimana perbedaan penggunaan oleh keduanya berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Tenaga pendidik asing ataupun Indonesia yang dalam proses belajar mengajar menggunakan Bahasa yang sama yaitu Bahasa lnggris dan juga didukung oleh aplikasi yang sama dan tepat, akan mampu meningkatkan hasil belajar siswa, diantaranya dalam pclajaran Matematika kelas 3 SD. Terdapat 30 siswa yang dijadikan sampel dari total I 72 siswa namun 2 diantaranya tidak bisa hadir selama proses pengambilan data. Variable bebas dalam penelitian ini (XI) Penggunaan aplikasi ClassDojo oleh tenaga pendidik asing, (X2) Penggunaan aplikasi ClassDojo oleh tenaga pendidik Indonesia dan variable terikatnya (Y) Hasil belajar pelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif statistik. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik pretest dan posttest. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sementara untuk analisis deskriptif data menggunakan SPSS 25. Uji yang dilakukan yaitu uji reliabilitas, normalitas, homogenitas, Paired Sample T Test,Wilcoxon dan N-Gain. Nilai rata- rata N Gain score untuk kelas tenaga pendidik a sing a tau eksperimen ( dengan menggunakan aplikasi ClassDojo) adalah sebesar 41,7756 atau 41,8% artinya berpengaruh dan termasuk ke dalam kategori Sedang. Sedangkan nilai rata - rata N Gain score pada kelas tenaga pendidik Indonesia atau kelas control ( dengan menggunakan aplikasi ClassDojo) adalah sebesar 2 I, I 333 a tau 21,1% artinya berpengaruh dan hal tersebut termasuk ke dalam kategori Rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40019-23.pdf
Uncontrolled Keywords: Foreign educator, Indonesian educator, ClassDojo application,learning outcome, Tenaga pendidik asing, tenaga pendidik Indonesia, ClassDojo,hasil belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:09
Last Modified: 16 Jan 2024 03:09
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10178

Actions (login required)

View Item View Item