Evaluasi Program Belajar Dari Rumah Menggunakan Media Zoom Dan E-Learning Berdasarkan Model CIPP

Romdhania, Laely (2021) Evaluasi Program Belajar Dari Rumah Menggunakan Media Zoom Dan E-Learning Berdasarkan Model CIPP. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
40065-23 cover.pdf

Download (774kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi pelaksanaan program Belajar dari Rumah (BDR) saat pandemik Covid-19 di SDIT ATTAUFIQ Kota Bogor dengan CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh D. L. Stufflebeam, menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara. pedoman observasi, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan melalui display data. rcduksi data. penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Dari sejumlah 14 (empat helas) aspek evaluasi yang termasuk dalam komponen konteks, input, proses, dan produk menunjukkan bahwa pelaksanaan Belajar dari Rumah di sekolah dasar belum ideal. Terdapat 5 aspek yang perlu diperbaiki : yaitu: kesiapan peserta didik, kesiapan guru, sarana dan prasarana,pembekalan /pedoman dan pelaksanaan program. Kondisi sempa ditemukanjuga di sekolah lainnya di luar negeri, sepe1ii : Jepang, Tiongkok, Australia dan Korea Selatan. Pelaksanaan Belajar dari Rumah berupa pembelajaran daring di sekolah dasar memiliki kendala yang cukup tinggi di bandingkan pada jenjang perguruan tinggi (mahasiswa). Implementasi BDR yang sukses membutuhkan kurikulum yang fleksibel, kesiapan teknologi, dan kolaborasi guru-sekolah-siswa. Profil ideal pelaksanaan belajar dari rumah mengacu PJJ di perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40065-23.pdf
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program. model CIPP. Belajar dari Rumah.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:36
Last Modified: 12 Aug 2024 03:36
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10237

Actions (login required)

View Item View Item