Hubungan Disiplin Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Di Gugus II Kecamatan Pekutatan

Ni, Made Ary Dwijayanti (2022) Hubungan Disiplin Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Di Gugus II Kecamatan Pekutatan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
40089-23 cover.pdf

Download (969kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar, motivasi berprestasi dan efikasi diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Pekutatan Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian "korelasi". Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Pekutatan Tahun Pelajaran 2020/2021 yang betjumlah 140 orang dan jumlah sampel 100 orang. Penentuan sam pel pada penelitian ini mcnggunakan teknik propotional random sampling yaitu pengambilan sampel dari anggota populasi secara acak dan berstrata secara proporsioal. Setiap sekolah diambil beberapa sampel dari 8 sekolah dengan jumlah sampel penelitian I 00 orang. Data disiplin belajar, motivasi berprestasi dan efikasi dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner dan data hasil belajar matematika dilakukan dengan pencatatan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dan hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,418, 2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dan hasil belajar matematika dengan koefisisen korelasi sebesar 0,350,3) terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,365, 4) secara bersama-sama terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar, motivasi berprestasi dan efikasi diri dengan hasil belajar matematika dengan koefesien korelasi sebesar 0,4 70 dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD di gugus II Kecamatan Pekutatan Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40089-23.pdf
Uncontrolled Keywords: learning discipline, achievement motivation, self-efficacy, mathematics learning outcomes, disiplin belajar, motivasi berprestasi, efikasi diri, hasil belajar matematika.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:55
Last Modified: 12 Aug 2024 07:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10384

Actions (login required)

View Item View Item