Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Blended Problem-Based Learning

Aminah, Siti (2022) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Blended Problem-Based Learning. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
40119-23 cover.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara manajemen kelas dan etos kerja guru dengan basil belajar matematika serta besamya hubungan antar variabel tersebut. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V Sekolah Dasar di wilayah Gugus III Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang. Desain penelitian ini adalah jenis kuantitatif melalui metode survey dengan teknik korelasional. Sarnpel yang digunakan adalab sebanyak 120 orang menggunakan Teknik random sampling. Variable independent pada penelitian ini adalah manajemen kelas dan etos kerja guru, sedangkan variable dependen adalah hasil belajar matematika. Pengukuran variable independent mengggunakan skala Likert, sedangkan variable dependent menggunakan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi berganda program SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan antara kemampuan menerapkan manajemen kelas terhadap hasil belajar matematika, basil tersebut dapat dilihat dari nilai t bitung sebesar 2,887 dan nilai signifikansi sebesar 0,006. Oleh karena nilai signifikasi sebesar 0,006 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Manajemen kelas berbubungan dengan basil belajar matematika. (2) Terdapat bubungan antara etos kerja guru dengan basil belajar matematika, basil tersebut dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 2,460 dan nilai signifikansi sebesar 0,017. Oleb karena nilai signifikasi sebesar 0,017 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Etos kerja guru berbubungan dengan Hasil Belajar Matematika. (3) Terdapat hubungan antara manajemen kelas dan etos kerja dengan hasil belajar matematika,hasil tersebut dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 29,099 dan nilai probabilitas signifikansi tersebut sebesar 0,000 dan tingkat a sebesar 5%, hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji F 0,000 lebib kecil daripada nilai signifikansi 0,05. Artinya bahwa kemampuan menerapkan Manajemen kelas (X 1) dan Etos kerja guru (X2) secara simultan berhubungan dengan Hasil Belajar Matematika. (4) Besar bubungan manajemen kelas dan etos kerja dengan hasil belajar matematika adalah sebesar 62% basil belajar dijelaskan oleb variabel manajemen kelas dan etos kerja. Sedangkan sisanya sebesar 38% dijelaskan oleh variabel lain di luar manajemen kelas dan etos kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40119-23.pdf
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Etos Kerja Guru, Hasil Belajar Matematika, Classroom Management, Teacher's Work Ethic, Math Learning Outcomes
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:36
Last Modified: 31 Jul 2024 03:36
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10415

Actions (login required)

View Item View Item