Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Negeri 9 Probolinggo

Subaidah, (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Negeri 9 Probolinggo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42742.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Dengan diberlakukannya kurikulum 2013, telah terjadi perubahan paradigma pembelajaran dari pembelajaran berpusat pada guru menuju pembelajaran berpusat pada siswa melalui pendekatan saintifik. Berbagai persoalan mulai bermunculan dari penyiapan bahan ajar, pemilihan metode serta penilaiannya. Rata-rata basil belajar matematika kelas VII SMP pada semester ganjil tahun pelajran 2014-2015 belum 70% siswa mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKS dan THB berbasis problem based learning dengan pendekatan saintifik pada materi Aritmetika Sosial untuk siswa SMP kelas VII yang berorientasi pada peningkatan hasil belajar. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIIG SMP Negeri 9 Probolinggo. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP, LKS dan THB untuk mengukur kevalidan, angket respons siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan serta tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42742.pdf
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pendekatan Ilmiah, hasil belajar, Development, Problem Based Learning, Scientific Approach, learning outcomes
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Jan 2018 04:31
Last Modified: 18 Jan 2018 07:01
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7167

Actions (login required)

View Item View Item