Keefektifan Model Gabungan Pembelajaran Langsung dan Kooperatif Tipe STAD terhadap Peningkatan Hasil Belajar Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Pada Peserta Didik SMPN 2 Tellu Siattinge

Musakkar, A. (2013) Keefektifan Model Gabungan Pembelajaran Langsung dan Kooperatif Tipe STAD terhadap Peningkatan Hasil Belajar Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Pada Peserta Didik SMPN 2 Tellu Siattinge. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42631.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diajar dengan model GPLKSTAD, aktivitas peserta didik, respons peserta didik, dan ketercapaian aktivitas guru; (2) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diajar model pembelajaran langsung, aktivitas peserta didik, respons peserta didik, dan ketercapaian aktivitas guru; (3) menganalisis apakah peningkatan hasil belajar matematika yang diajar dengan model GPLKST AD lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran langsung; (4) mengetahui perbedaan respons antara peserta didik yang diajar dengan model GPLKSTAD dan model pembelajaran langsung; (5) menganalisis apakah tingkat keefektifan model GPLKST AD lebih baik dari pada tingkat keefektifan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar peserta didik sesudah diajar dengan model GPLKSTAD mengalami peningkatan, terlihat dari hasil belajar mencapai nilai rata-rata 81,64 dengan standar deviasi 7,58, peserta didik aktif mengikuti pelajaran, peserta didik merespo positif terhadap pembelajaran; (2) hasil belajar peserta didik sesudah diajar dengan model pembelajaran langsung mengalami peningkatan, terlihat dari hasil belajar mencapai nilai rata-rata 74,48 dengan standar deviasi 7,59. peserta didik aktif mengikuti pelajaran. peserta didik merespon positif terhadap pembelajaran; (3) peningkatan hasil belajar matematika yang diajar dengan model GPLKST AD lebih baik daripada yang diajar dengan pengajaran langsung; (4) respons peserta didik yang diajar dengan Model GPLKST AD lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran langsung; (5) tingkat keefektifan model GPLKST AD lebih baik daripada tingkat keefektifan model Pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42631.pdf
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, pembelajaran langsung, pembelajaran kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar Matematika. Effectiveness, Direct learning, Cooperatives learning of ST AD Type,Result of mathematic learning.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Jan 2018 06:57
Last Modified: 25 Feb 2019 04:30
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7175

Actions (login required)

View Item View Item