Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Atong untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Statistika Kelas IX

Estu, Puji Handayani (2014) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Atong untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Statistika Kelas IX. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42623.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar dalam kurikulum 2013 disarankan menggunakan pendekatan ilmiah, tetapi bahan ajar yang berbasis pendekatan ilmiah masih terbatas, sehingga diperlu untuk mengembangkan bahan ajar yang berbasis saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis ATONG guna meningkatkan pemahaman konsep materi Statistika kelas IX yang valid dan efektif. Pengembangan bahan ajar terdiri dari Buku siswa dan LKS. Model pengembangan menggunakan 4-D Thiagarajan (Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, Penyebaran). Pengembangan bahan ajar selanjutnya diuji cobakan melalui tahap: (1) validasi uji ahli, (2) uji coba perorangan, (3) uji coba kelompok kecil, dan ( 4) uji coba lapangan. Data hasil evaluasi tersebut yang berupa saran, tanggapan dan penilaian dari subyek uji ahli dan uji coba digunakan sebagai masukan untuk merevisi dan menyempurnakan Buku siswa dan LKS, sehingga finalnya dinyatakan sebagai buku yang berbasis ATONG. Uji antara kelas yang menggunakan buku dan tidak, diperoleh hasil p (sig(2-tailed))=0,003 dan p < 0,05; maka Ho ditolak atau kedua rata-rata populasi tidak sama. Hasil ini mengindikasikan bahwa penggunaan buku efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42623.pdf
Uncontrolled Keywords: Development of teaching materials, based ATONG, Model of development using 4D, understanding of concepts, pengembangan bahan ajar, berbasis ATONG, model pengembangan 4D, pemahaman konsep.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 519.5 Statistical Mathematics/Matematika Statistikal
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:49
Last Modified: 14 Feb 2018 03:49
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7235

Actions (login required)

View Item View Item