Pengembangan LKPD Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Haryadi, Ihsan (2017) Pengembangan LKPD Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42997.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) yang valid, praktis, dan efektif dalam pemecahan masalah matematika pada materi pokok himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development research). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang mengacu pada model Thiangarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi sehingga hanya memuat tahap Define, Design dan Develop. Pengembangan perangkat dimulai dari tahap analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, spesifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan media, pemilihan format, desain produk, uji ahli dan praktisi, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKPD, angket respons siswa terhadap, angket penilaian guru terhadap, dan tes hasil belajar. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berpikir kritis pada materi pokok himpunan. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa penilaian ketiga validator terhadap RPP, LKPD, dan instrumen berdasarkan kriteria validitas berada pada rentang X > X, + l,8Sbi dengan kriteria kualitas sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa RPP, LKPD, dan instrument dinyatakan valid atau layak untuk digunakan. Kepraktisan pada uji coba terbatas mencapai kategori baik dengan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 77 % dan pada uji coba lapangan mencapai kategori sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan 92 %. Keefektifan ditinjau dari hasil pretest dan postest pada uji coba yang dilakukan menunjukkan ada peningkatan rata-rata 60,5 poin dengan ketuntasan belajar 75 % pada uji coba terbatas dan peningkatan rata-rata 53, 57 poin dengan ketuntasan belajar 77, 42 % pada uji coba lapangan. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa LKPD telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan sehingga LKPD dapat dinyatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42997.pdf
Uncontrolled Keywords: LKPD, Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Student Worksheets, Critical Thinking, Problem Solving
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373 Secondary Education (Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2018 01:52
Last Modified: 07 Nov 2018 01:52
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7514

Actions (login required)

View Item View Item