Prasodjo, Garind (2017) Pengaruh Pemahaman E-Commerce dan Bauran Produk Terhadap Intensi dan Komitmen Penggunaan E-Commerce (Studi Terhadap Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) Pertanian Tanaman Pangan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42990.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pertanian tanaman pangan Merupakan sebagian besar UMKM yang tersebar diseluruh wilayah negara Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. UMKM pertanian pangan juga menjadi pemegang kendali indeks ekonomi nasional yang memberikan kontribusi terbesar terhadap pengaruh nilai inflasi. Sampai saat ini sebagian besar UMKM pertanian tanaman pangan, masih menggunakan cara-cara usaha tradisional. Dari sisi pemasaran masih sangat terbatas jangkauan pasarnya, sehingga sangat tergantung dengan para pengumpul atau lebih dikenal dengan tengkulak, hal ini mengakibatkan nilai tukar petani (NTP) rendah. E-commerce sebagai alat pemasaran yang mampu menembus batas wilayah diharapkan mampu memberi terobosan dalam meningkatkan nilai tukar petani (NTP), karena UMKM dapat menjual langsung kepada konsumen tanpa perantara tengkulak lagi. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah seberapa besar komitmen menggunakan e-commerce (D) dipengaruhi oleh keinginan menggunakan e-commerce (C). Demikian pula sebarapa besar keinginan menggunakan e-commerce (C) dipengaruhi oleh kemudahan (ECMudah), manfaat (ECManfaat), kepercayaan (ECPercaya), murah (ECMurah) dan oleh bauran produk (B). Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk menentukan strategi apa dalam mengimplementasikan e-commerce pada UMKM pertanian tanaman pangan dalam rangka meningkatkan NPT dengan mengembangkan pemasaran dalam usahanya.
Actions (login required)
View Item |