Pengaruh Pemahaman E-Commerce dan Bauran Produk Terhadap Intensi dan Komitmen Penggunaan E-Commerce (Studi Terhadap Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) Pertanian Tanaman Pangan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah)

Prasodjo, Garind (2017) Pengaruh Pemahaman E-Commerce dan Bauran Produk Terhadap Intensi dan Komitmen Penggunaan E-Commerce (Studi Terhadap Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) Pertanian Tanaman Pangan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42990.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pertanian tanaman pangan Merupakan sebagian besar UMKM yang tersebar diseluruh wilayah negara Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. UMKM pertanian pangan juga menjadi pemegang kendali indeks ekonomi nasional yang memberikan kontribusi terbesar terhadap pengaruh nilai inflasi. Sampai saat ini sebagian besar UMKM pertanian tanaman pangan, masih menggunakan cara-cara usaha tradisional. Dari sisi pemasaran masih sangat terbatas jangkauan pasarnya, sehingga sangat tergantung dengan para pengumpul atau lebih dikenal dengan tengkulak, hal ini mengakibatkan nilai tukar petani (NTP) rendah. E-commerce sebagai alat pemasaran yang mampu menembus batas wilayah diharapkan mampu memberi terobosan dalam meningkatkan nilai tukar petani (NTP), karena UMKM dapat menjual langsung kepada konsumen tanpa perantara tengkulak lagi. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah seberapa besar komitmen menggunakan e-commerce (D) dipengaruhi oleh keinginan menggunakan e-commerce (C). Demikian pula sebarapa besar keinginan menggunakan e-commerce (C) dipengaruhi oleh kemudahan (ECMudah), manfaat (ECManfaat), kepercayaan (ECPercaya), murah (ECMurah) dan oleh bauran produk (B). Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk menentukan strategi apa dalam mengimplementasikan e-commerce pada UMKM pertanian tanaman pangan dalam rangka meningkatkan NPT dengan mengembangkan pemasaran dalam usahanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42990.pdf
Uncontrolled Keywords: E-commerce, UMKM, Pertanian, Tanaman Pangan, MSME, Agriculture, Crops
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.9 Economic Development and Growth (Perkembangan Ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi,Pemberdayaan Ekonomi, Usaha Kecil)
300 Social Science > 380-389 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 381 Commerce, Trade (Perdagangan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.56 Management Product Analysis (Manajemen Analisa Produk)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.81 Sales Management (Manajemen Pemasaran)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.839 Historical, Geographic Treatment of Market Research (Riset Penelitian Pemasaran di Lokasi Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pemasaran
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 14 Nov 2018 09:41
Last Modified: 26 Nov 2018 04:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7592

Actions (login required)

View Item View Item