Abror, Muhammad (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Konstruktivisme Berorientasi Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Bangun Ruang di SMPN 1 Unter Iwes. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43114.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (22MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran bangun ruang dengan pendekatan konstruktivisme yang berorientasi pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D dari Thiagarajan, namun hanya dilakukan sampai tahap ketiga. Subjek dalam penelitian ini adalah 63 siswa kelas VIII kelas di SMPN l Unter Iwes, Kabupaten Sumbawa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket penilaian guru, angket respon siswa, dan tes. Produk pengembangan yang terdiri dari RPP dan LKS telah melewati beberapa tahap, yakni: (l) define; (2) design; dan (3) develop, meliputi validasi ahli, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Hasil analisis data yang diperoleh pada setiap tahapan berupa saran, tanggapan dan penilaian dari ahli, guru, dan siswa digunakan sebagai masukan untuk merevisi dan menyempurnakan RPP dan LKS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah memenuhi kualitas yang ditentukan berdasarkan pada kategori Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Kevalidan RPP dan LKS mencapai kriteria sangat valid berdasarkan penilaian ahli. Kepraktisan mencapai kriteria sangat prak:tis berdasarkan penilaian guru, kriteria sangat positif berdasarkan respon siswa, dan kriteria sangat terlaksana berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan keterlaksanaan mencapai 90,34%. Keefektifan mencapai kategori efektif berdasarkan persentase banyaknya siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada tes kemampuan pemahaman konsep sebesar 84,32%. Dengan demikian, perangkat pembelajaran ini dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43114.pdf |
Uncontrolled Keywords: | pengembangan perangkat pembelajaran, pendekatan konstruktivisme, kemampuan pemahaman konsep, developing instructional kits, constructivism approach, concept understanding abilities |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 29 Nov 2018 01:27 |
Last Modified: | 29 Nov 2018 01:27 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7682 |
Actions (login required)
View Item |