Pengaruh Program Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Struktural Analisis Sintesis Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan (Studi Kuasi Eksperimen Pada Kelas I SDN Tegallaja Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat).

Puspasari, Ratih (2017) Pengaruh Program Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Struktural Analisis Sintesis Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan (Studi Kuasi Eksperimen Pada Kelas I SDN Tegallaja Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43486.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan di SDN Tegallaja Ngamprah dimana kemampuan membaca permulaan pada kelas 1 sangatlah rendab. Maka salah satu alternative untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa yaitu dengan melaksanakan program membaca permulaan dengan menggunakan metode Struktural Analisis Sintesis. Secara umum permasalahan dalam penelitian ini adalah " Bagaimana pengaruh program membaca permulaan dengan menggunakan metode Struktural Analisis Sintesis untuk meningkatkan kemampuan membaca di SDN Tegallaja". Penelitian ini dilakukan dengan Eksperimen menggunakan kuasi Eksperimen (nonequivalent control group design) terhadap siswa yang ada di sekolah SDN Tegallaja Kecamatan Ngamprah yang terdiri dari 37 siswa kelompok eksperimen dan 37 siswa kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian melalui tes yang berbentuk rubrik. Adapaun analisis data yang dilakukan dengan teknik kuantitatif. Pada nilai signifikansi diperoleh dari hasil perhitungan nilai Mann Whitney U untuk mengetahui pengaruh kemampuan membaca kelas eksperimen dan kontrol sebesar 464.000 dan nilai signifikansi sebesar 0.016, karena nilai signifikansi yang diperoleh dari basil perhitungan lebib kecil dari taraf signifikansi alpha a (0.05), Maka dapat disimpulkan bahwa program membaca permulaan dengan menggunakan metode Struktural Analisis Sintesis ini, sangat berpengaruh dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran dengan menggunakan metode Kupas Rangkai Sukukata. Hal ini dikarenakan belajar dengan menggunakan metode Struktural Analisis Sintesis dalam program membaca permulaan ini lebih- mengefektifkan komunikasi antara guru dan siswa, pembelajaran pun lebih menarik dan siswa pun dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43486.pdf
Uncontrolled Keywords: Program membaca Permulaan, Metode Struktural Analisis Sintesis, Kemampuan Membaca Permulaan, The Beginning Reading Program, Structural Analysis Synthesis Method, The Beginning Reading Ability.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:06
Last Modified: 16 Apr 2019 03:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8220

Actions (login required)

View Item View Item