Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Matematika (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V Di Sdit Al Madinah Cibinong)

Royani, Siti (2018) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Matematika (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V Di Sdit Al Madinah Cibinong). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43537.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2x2. Penelitian dilakukan di SDIT Al Madinah, dengan dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas pertama eksperimen diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran tangram, sementara kelas kedua kontrol diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran kertas berpetak. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V dengan sampel diambil secara undian yaitu kelas V-C dan kelas V-F sebanyak 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran tangram dengan media pembelajaran kertas berpetak, (2) terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif, (3) terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi yang diberikan perlakuan media pembelajaran tangram lebih tinggi dengan media pembelajaran kertas berpetak, (4) terdapat perbedaan hasil belajarmatematika pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah yang diberikan perlakuan media pembelajaran tangram lebih rendah dengan media pembelajaran kertas berpetak. Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran kepada tenaga pendidik agar mengembangkan kemampuannya menciptakan suasana belajar bermakna yang kreatif, menyenangkan, dan kondusif melalui media pembelajaran yang sesuai materi serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sehingga mendapatkan hasil belajar matematika sesuai standar kurikulum. Bagi kepala sekolah agar lebih peduli dengan hasil karya, kreatifitas guru sebagai sumber referensi dalam melaksanakan dan mengembangkan supervisi. Bagi sekolah agar lebih peduli terhadap pemenuhan fasilitas berkaitan dengan media pembelajaran, pelatihan penggunaannya, dan motivasi terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43537.pdf
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media, tangram, kertas berpetak, berpikir kreatif, learning outcomes, creative thinking.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.02 Private Schools (Sekolah Swasta)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.07 Religious Schools (Sekolah Keagamaan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.9 Historical, Geographic, Person Treatment of Elementary Education (Pendidikan Dasar di Lokasi Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.9598 Elementary Education in Indonesia (Pendidikan Dasar di Indonesia)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Apr 2019 04:58
Last Modified: 01 Oct 2022 04:05
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8225

Actions (login required)

View Item View Item