Suryani, (2018) Pengaruh Project Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SDN Karanganyar I. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43487.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil belajar kognitif siswa antara siswa kelompok eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Project Based Learning dengan siswa kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN Karang Anyar I Indramayu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen semu dengan desain penelitian randomized Pretest-posttest control group design. Data hasil tes dianalisis dengan uji T. hasil analisis menunjukan bahwa terdapat perbedaan Hasil belajar kognitif siswa antara kelas eksperimen dengan kelas Kontrol, Hasil belajar kognitif siswa pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran tema indahnya kebersamaan sub tema indahnya keberagaman budaya bangsaku. Pada kegiatan Pembelajaran 1 siswa mampu menceritakan gambar yang terdapat pada sebuah kartu yang diberikan oleh guru sesuai dengan materi yang diajarkan dan menentukan proyek. sehingga siswa dapat menghasilkan sebuah karya, Rasa Percaya diri muncul dan mampu mengungkapkan ide atau gagasannya sehingga hasil belajar kognitif siswa meningkat rata-rata 28,38 %, kelompok eksperimen sebelum ada perlakuan, hasil belajar kognitif memiliki nilai rata rata 56,38 setelah ada perlakuan meningkat menjadi 85,16. Sedangkan kemampuan penalarannya memiliki nilai rata- rata sebesar 83,86. kelas kontrol mempunyai nilai pretest 54,32 setelah belajar dengan metode konvensional nilai rata-rata post test sebesar 71,24, sedangkan kemampuan Penalar siswa kelas Kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 66, 16 peningkatan nilainya sebesar 14,88 %. perbedaan peningkatan nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 52,43%. Berdasarkan uraian diatas peneliti menyimpulkan, bahwa model pembelajaran Project Based Learning yang digunakan guru dapat memperbaiki hasil belajar kognitif siswa menjadi lebih baik dibanding pembelajaran secara konvensional, karena itu peneliti menyarankan agar model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media gambar disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran tematik di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43487.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Media gambar, Hasil belajar kognitif, Kemampuan penalaran, Tematik, Project Based Learning, Image media, Cognitive learning outcomes, Reasoning ability, Thematic. |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 03 May 2019 07:03 |
Last Modified: | 22 May 2019 05:52 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8283 |
Actions (login required)
View Item |