Miskonsepsi Buku IPA SD Kelas Enam Di Kota Bandung Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan

Muhidin, Agus (2018) Miskonsepsi Buku IPA SD Kelas Enam Di Kota Bandung Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43477.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Pembelajaran IPA diharapkan mampu menyampaikan konsep dasar sains yang benar. Sejauh ini prestasi dibidang sains masih rendah. Hal tersebut terlihat dari perolehan nilai UN yang rnasih di bawah nilai bidang studi lainnya serta berdasarkan penilaian PISA. Sering ditemuk.an konsep salah pada siswa, guru ataupun calon guru. Kesalahpahaman (miskonsepsi) harus dihilangkan. Salah satu cara untuk mengatasi kesalahan konsep adalah dengan terdapatnya buku teks yang baik. Buku teks pelajaran IPA SD adalah buku teks yang digunakan untuk menyampaikan materi IPA SD. Dengan penggunaan buku teks IPA diharapkan guru, siswa, dan pihak lain yang rnenggunakan buku tersebut mendapatkan informasi yang cukup tentang konsep dasar materi yang benar dan sesuai dengan kurikulum yang ada. Miskonsepsi yang terjadi pada guru dan siswa dapat dimmimailsu dengan hadirnya buku yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kesesuaian konsep yang ada pada buku dengan konsep menurut literatur, FGD, dan narasumber. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif melalui analisis terhadap isi buku dan dilanjutkan dengan studi pustaka dan berdiskusi dengan narasumber profesional pada materi IPA. Adapun fokus penelitiannya adalah perkembangbiakan pada tumbuhan dengan sumber dalam buku kelas 6 SD yang memuat materi perkembangbiakan tumbuhan yang digunakan sekolah di Kota Bandung. Berdasarkan basil analisis terhadap lima buku, ditemukan konsep yang salah pada buku 1, 3 dan 5. Terdapat kesalahan konsep pcrkembangbiakan singkong melaui umbi akar, wortel, dan lobak. Penggolongan bunga lengkap dan sempurna serta materi penggolongan penyerbukan. Tidak terjadi kcsalahan konsep pada pcrkembangbiakan vegetatif buatan. Berdasarkan temuan tersebut diperlukan pengkajian konten buku IPA guna menghindari miskonsepsi guru dan siswa pada materi IPA terutama pada materi perkembangbiakan tumbuhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43477.pdf
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Buku IPA, Perkembangbiakan, Tumbuhan, Analisis Buku, Misconception, Book of Science, Reproduction, Plants, Book Analysis.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 09 May 2019 01:59
Last Modified: 29 May 2019 01:59
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8329

Actions (login required)

View Item View Item