Sari, Amelia (2018) Pengaruh Interaksi Edukatif Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN 001 Batu Aji Kota Batam. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43501.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis seberapa besar pengaruh interaksi edukatif terhadap prestasi belajar siswa SDN 001 Batu Aji Kota Batam, (2) Menganalisis seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SDN 001 Batu Aji Kota Batam, dan (3) Menganalisis seberapa besar pengaruh interaksi edukatif dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SDN 001 Batu Aji Kota Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier dan analisis jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Pengaruh interaksi edukatif terhadap prestasi belajar 22,05%, dengan perincian pengaruh langsung 14,06% dan pengaruh tidak langsung (melalui motivasi belajar) 7,99%, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 15,89% dengan perincian pengaruh langsung 7,90% dan pengaruh tidak langsung (melalui interaksi edukatif) 7,99%, dan (3) Pengaruh interaksi edukatif dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar 37.94%, dengan perincian pengaruh langsung 21,96% dan pengaruh tidak langsung (melalui motivasi belajar) 15,98%. Kesimpulan dari basil penelitian ini adalah interaksi edukatif dapat mempengaruhi prestasi belajar secara langsung maupun tidak langsung, pada motivasi belajar juga memiliki pengaruh yang langsung dan tidak langsung terhadap prestasi belajar, serta interaksi edukatif dan motivasi belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara langsung dan tidak langsung.
Actions (login required)
View Item |