Pengaruh Interaksi Edukatif Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN 001 Batu Aji Kota Batam

Sari, Amelia (2018) Pengaruh Interaksi Edukatif Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN 001 Batu Aji Kota Batam. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43501.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis seberapa besar pengaruh interaksi edukatif terhadap prestasi belajar siswa SDN 001 Batu Aji Kota Batam, (2) Menganalisis seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SDN 001 Batu Aji Kota Batam, dan (3) Menganalisis seberapa besar pengaruh interaksi edukatif dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SDN 001 Batu Aji Kota Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier dan analisis jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Pengaruh interaksi edukatif terhadap prestasi belajar 22,05%, dengan perincian pengaruh langsung 14,06% dan pengaruh tidak langsung (melalui motivasi belajar) 7,99%, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 15,89% dengan perincian pengaruh langsung 7,90% dan pengaruh tidak langsung (melalui interaksi edukatif) 7,99%, dan (3) Pengaruh interaksi edukatif dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar 37.94%, dengan perincian pengaruh langsung 21,96% dan pengaruh tidak langsung (melalui motivasi belajar) 15,98%. Kesimpulan dari basil penelitian ini adalah interaksi edukatif dapat mempengaruhi prestasi belajar secara langsung maupun tidak langsung, pada motivasi belajar juga memiliki pengaruh yang langsung dan tidak langsung terhadap prestasi belajar, serta interaksi edukatif dan motivasi belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara langsung dan tidak langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43501.pdf
Uncontrolled Keywords: Interaksi Edukatif, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Educational interaction, Learning Motivation, Learning Achievement.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 09 May 2019 03:18
Last Modified: 24 May 2019 04:13
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8334

Actions (login required)

View Item View Item