Pengembangan Media Kuis Interaktif Dengan Memanfaatkan Aplikasi Autoplay Untuk Pembelajaran Sistem Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan Di Kelas V Sekolah Dasar

Sawitri, Elok Yuni Anita (2018) Pengembangan Media Kuis Interaktif Dengan Memanfaatkan Aplikasi Autoplay Untuk Pembelajaran Sistem Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan Di Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43616.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini diawali dari kebutuhan terhadap media pembelajaran yang menarik dan inovatif yang memanfaatkan teknologi dan komunikasi serta dapat menunjang penyampaian materi pembelajaran di SDN Pelem 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk. Permasalahan tersebut menjadi pertimbangan bagi peneliti untuk: melakukan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media kuis interaktif memanfaatkan aplikasi Autoplay untuk pembelajaran pernapasan yang layak digunakan untuk kegiatan belajar siswa kelas V. Penelitian ini dilakukan kepada sekelompok siswa kelas V di SDN Pelem I Kertosono tahun pelajaran 2017/2018. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model dan prosedurnya pada dasarnya sesuai dengan yang disarankan Borg & Gall dengan 10 langkah, tetapi hanya dilaksanakan 7 langkah yang sesuai dengan kebutuhan, yaitu (1) melaksanakan penelitian awal, (2) merencanakan pengembangan, (3) membuat atau mengembangkan produk awal, (4) melakukan uji lapangan terbatas yang diawali dengan validasi produk , (5) melakukan revisi produk, (6) melaksanakan uji coba lapangan, dan (7) menganalisis basil penelitian dan pengembangan Hasil dari penelitian ini ada1ah prototipe media kuis pembelajaran IPA mengenai sistem pemapasan manusia dan hewan memanfaatkan aplikasi autoplay. Media kuis interaktif untuk pembelajaran sistem pemapasan manusia dan hewan memiliki kualitas cukup baik dilihat dari basil validasi yang dilakukan o1eh ahli media dan materi IPA. Perolehan skor sebesar 70. Dari instrumen daya tarik siswa dan ketepatan materi diperoleh skor 80,91 menunjukkan produk ini memiliki daya tarik yang baik bagi siswa. Uji coba terbatas menunjukkan terdapat peningkatan nilai yang diperoleh siswa. Selisih nilai Posttest dan pretest sebesar 12,6. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media kuis interaktif memanfaatkan aplikasi autoplay memiliki kualitas cukup baik dan membantu siswa dalam memahami materi sistem pernapasan pada manusia dan hewan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43616.pdf
Uncontrolled Keywords: media kuis interaktif, aplikasi autoplay, sistem pernapasan pada manusia dan hewan, interactive quiz media, autoplay app, respiratory system in humans and animals.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
500 Natural Science and Mathematics > 500-509 Miscellany of Nature Sciences (Aneka Ragam tentang Ilmu Pengetahuan Alam)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 May 2019 06:23
Last Modified: 10 May 2019 06:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8349

Actions (login required)

View Item View Item