Nurjanah, (2018) Pengaruh Inovasi Pembelajaran Dan Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas Tinggi Di SDN Se-Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43530.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Tujuan dari proses pembelajaran yaitu ketercapaian dari tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Untuk mengetahui tingkat ketercapaian siswa dalam menerima materi pelajaran, dapat dilihat dari prestasi belajar siswa, yang semua itu tidak terlepas dari motivasi siswa dan kreativitas guru dalam menyampaikan pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Survei dilakukan untuk mencari informasi yang jelas secara empirik dan akan digunakan untuk memecahkan suatu masalah. Populasi pada penelitian ini sebanyak 136 orang guru mencakup beberapa sekolah dasar yang memiliki prestasi di Kecamatan Bogor Barat yaitu Gugus Semplak dan Gugus Gunung Batu. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling dengan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 102 orang guru. Data penelitian yang terkumpul dianalisis melalui berbagai tahap yaitu perhitungan statistik dasar, uji normalitas galat taksiran, uji homogenitas varians, uji korelasi, uji regresi dan uji parsial. Hasil penelitian diketahui 1) Terdapat pengaruh positif dan sangat signifikan antara inovasi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA Kekuatan pengaruh antara Inovasi pembelajaran (X1) terhadap Hasil belajar siswa mata pelajaran IPA (Y) ditunjukkan terhadap koefisien korelasi ry1 = 0,592 dan koefisien determinasi sebesar 35,1 %, 2) Terdapat pengaruh positif dan sangat signifikan antara kreativitas mengajar guru terhadap basil belajar siswa mata pelajaran IPA. Kekuatan pengaruh antara Kreativitas mengajar guru (X2) terhadap Hasil belajar siswa mata pelajaran IPA (Y) ditunjukkan terhadap koefisien korelasi ry2 = 0,516 dan koefisien determinasi sebesar 26,6% terhadap basil belajar siswa mata pelajaran IPA, dan 3) Terdapat pengaruh positif dan sangat signifikan antara Inovasi pembelajaran (X1) dan Kreativitas mengajar guru (X2) secara bersama sama terhadap Hasil belajar siswa mata pelajaran IPA (Y) dengan koefisien korelasi ry. 12 = 0,688 dan koefisien determinasi sebesar 47,4%.
Actions (login required)
View Item |