Pengaruh Inovasi Pembelajaran Dan Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas Tinggi Di SDN Se-Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor

Nurjanah, (2018) Pengaruh Inovasi Pembelajaran Dan Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas Tinggi Di SDN Se-Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43530.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari proses pembelajaran yaitu ketercapaian dari tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Untuk mengetahui tingkat ketercapaian siswa dalam menerima materi pelajaran, dapat dilihat dari prestasi belajar siswa, yang semua itu tidak terlepas dari motivasi siswa dan kreativitas guru dalam menyampaikan pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Survei dilakukan untuk mencari informasi yang jelas secara empirik dan akan digunakan untuk memecahkan suatu masalah. Populasi pada penelitian ini sebanyak 136 orang guru mencakup beberapa sekolah dasar yang memiliki prestasi di Kecamatan Bogor Barat yaitu Gugus Semplak dan Gugus Gunung Batu. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling dengan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 102 orang guru. Data penelitian yang terkumpul dianalisis melalui berbagai tahap yaitu perhitungan statistik dasar, uji normalitas galat taksiran, uji homogenitas varians, uji korelasi, uji regresi dan uji parsial. Hasil penelitian diketahui 1) Terdapat pengaruh positif dan sangat signifikan antara inovasi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA Kekuatan pengaruh antara Inovasi pembelajaran (X1) terhadap Hasil belajar siswa mata pelajaran IPA (Y) ditunjukkan terhadap koefisien korelasi ry1 = 0,592 dan koefisien determinasi sebesar 35,1 %, 2) Terdapat pengaruh positif dan sangat signifikan antara kreativitas mengajar guru terhadap basil belajar siswa mata pelajaran IPA. Kekuatan pengaruh antara Kreativitas mengajar guru (X2) terhadap Hasil belajar siswa mata pelajaran IPA (Y) ditunjukkan terhadap koefisien korelasi ry2 = 0,516 dan koefisien determinasi sebesar 26,6% terhadap basil belajar siswa mata pelajaran IPA, dan 3) Terdapat pengaruh positif dan sangat signifikan antara Inovasi pembelajaran (X1) dan Kreativitas mengajar guru (X2) secara bersama sama terhadap Hasil belajar siswa mata pelajaran IPA (Y) dengan koefisien korelasi ry. 12 = 0,688 dan koefisien determinasi sebesar 47,4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43530.pdf
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pembelajaran, Kreativitas Mengajar Guru, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPA, Learning Innovation, Teacher Teaching Creativity, Student Learning Outcomes, Science Subjects
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
500 Natural Science and Mathematics > 500-509 Miscellany of Nature Sciences (Aneka Ragam tentang Ilmu Pengetahuan Alam) > 507 Education, Research (Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Ilmu Pengetahuan Alam)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 13 May 2019 01:52
Last Modified: 16 May 2019 07:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8354

Actions (login required)

View Item View Item