Dampak Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor

Sutari, Muhamad (2017) Dampak Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43351.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Implementasi Kebijakan Layanan Keterpaduan BKB, PAUD, Dan SDIDTK Studi Kasus Di Kabupaten Gunung Kidul perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, faktor yang dapat meningkatkan kinerja guru dan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru terutama pasca sertifikasi. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan secara kritis-analisis kinerja guru mengenai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, menganalisis faktor yang mempengaruhi peningkatan kinerja guru, dan peningkatan kinerja serta upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru pasca-sertifikasi. Subyek penelitian uu adalah sembilan guru Sekolah Dasar di lingkungan Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor, sumber informasinya guru kelas Sekolah Dasar di Kecamatan Ciampea yang sudah tersertifikasi. Hasil dari dampak kinerja guru pasca sertifikasi terhadap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sudah cukup baik, serta peningkatan yang juga dirasakan adalah peningkatan kesejahteraan, profesionalisme gum, serta menjalankan tugas sesuai dengan kewenangannya. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja guru pasca-sertifikasi dari faktor internal, yaitu motivasi dan niat awal seorang guru dalam aktivitasnya faktor eksternal lebih banyak dipengaruhi oleh lingkungan sekolah dan pergaulan guru-guru itu sendiri, serta faktor kebijakan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru pasca sertifikasi yaitu dari pemerintah perlu mengeluarkan kebijakan yang menuntut guru untuk selalu meningkatkan kompetensinya, dari sekolah perlu membangun iklim pergaulan dan interaksi sosial yang baik, serta diperlukan pendampingan yang intensif bagi guru agar dapat sungguh-sungguh dalam kreativitas menyusun administrasi pembelajaran di sekolah. Kesimpulan dari dampak kinerja guru pasca-sertifikasi terhadap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, sudah cukup baik walaupun ada beberapa guru yang masih belum lengkap dalam mempersiapkan perencanaan pembelajaran secara maksimal, tetapi karena keterbatasan waktu penelitian dan sampel penelitian yang hanya sembilan orang dari tiga sekolah di Kecamatan Ciampea.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43351.pdf
Uncontrolled Keywords: Tunjangan Sertifikasi, Kinerja guru, Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product), Certification Allowance, Teacher Performance.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 13 May 2019 04:06
Last Modified: 17 May 2019 02:06
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8362

Actions (login required)

View Item View Item