Sutari, Muhamad (2017) Dampak Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43351.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
Implementasi Kebijakan Layanan Keterpaduan BKB, PAUD, Dan SDIDTK Studi Kasus Di Kabupaten Gunung Kidul perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, faktor yang dapat meningkatkan kinerja guru dan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru terutama pasca sertifikasi. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan secara kritis-analisis kinerja guru mengenai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, menganalisis faktor yang mempengaruhi peningkatan kinerja guru, dan peningkatan kinerja serta upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru pasca-sertifikasi. Subyek penelitian uu adalah sembilan guru Sekolah Dasar di lingkungan Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor, sumber informasinya guru kelas Sekolah Dasar di Kecamatan Ciampea yang sudah tersertifikasi. Hasil dari dampak kinerja guru pasca sertifikasi terhadap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sudah cukup baik, serta peningkatan yang juga dirasakan adalah peningkatan kesejahteraan, profesionalisme gum, serta menjalankan tugas sesuai dengan kewenangannya. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja guru pasca-sertifikasi dari faktor internal, yaitu motivasi dan niat awal seorang guru dalam aktivitasnya faktor eksternal lebih banyak dipengaruhi oleh lingkungan sekolah dan pergaulan guru-guru itu sendiri, serta faktor kebijakan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru pasca sertifikasi yaitu dari pemerintah perlu mengeluarkan kebijakan yang menuntut guru untuk selalu meningkatkan kompetensinya, dari sekolah perlu membangun iklim pergaulan dan interaksi sosial yang baik, serta diperlukan pendampingan yang intensif bagi guru agar dapat sungguh-sungguh dalam kreativitas menyusun administrasi pembelajaran di sekolah. Kesimpulan dari dampak kinerja guru pasca-sertifikasi terhadap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, sudah cukup baik walaupun ada beberapa guru yang masih belum lengkap dalam mempersiapkan perencanaan pembelajaran secara maksimal, tetapi karena keterbatasan waktu penelitian dan sampel penelitian yang hanya sembilan orang dari tiga sekolah di Kecamatan Ciampea.
Actions (login required)
View Item |