Hendayani, Heni (2018) Penerapan Model Matematika Knisley (MPMK) Dan Konsep Diri Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SD. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43538.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah siswa hanya mampu mengenali tema masalah, tetapi tidak mampu menemukan keterkaitan antara tema masalah dengan pengetahuan yang telah dimiliki. Selain itu, proses pembelajaran matematika tidak menarik bagi siswa karena matematika dianggap pelajaran yang sukar dipahami dan menakutkan. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan koneksi matematika siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan koneksi matematika yang menggunakan MPMK dengan pembelajaran konvensional pada konsep diri siswa Rendah dan Tinggi, serta untuk menganalisis pengaruh Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) dan konsep diri siswa terhadap kemampuan koneksi matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian control group pre-test-post-test. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sample. Populasi dalam penelitian ini yaItu siswa kelas VI di SDN Sukabakti Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur, dengan sampel menggunakan subjek 35 orang di kelas eksperimen, dan 38 orang di kelas Kontrol. Instrumen penelitian menggunakan soal tes koneksi matematika yang berjumlah 5 soal, dan angket konsep diri siswa yang terdiri dari 30 pernyataan. Hasil penelitian yang diperoleh berupa skor postes, skor indeks gain tes, skor angket konsep diri kemudian diolah dengan metode statistik uji perbedaan rata-rata Uji Man Whitney dan Anova dua jalur. Berdasarkan analisis uji Mann Whitney skor postes diperoleh nilai Signifikan 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran MPMK lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil Uji Anova satu jalur diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,00 < 0,05 sehingga disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan MPMK dan pembelajaran konvensional berdasarkan konsep diri kelompok rendah dan tinggi. Berdasarkan hasil Anova dua jalur diperoleh sig. pada Pembelajaran*Konsep diri sebesar 0,016 < 0,05 dapat disimpulkan terdapat pengaruh atau terdapat interaksi model pembelajaran dan konsep diri siswa terhadap koneksi matematika.
Actions (login required)
View Item |